WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pangdam XIII/Merdeka Dampingi Presiden RI Resmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Boalemo

BOALEMO, JMI - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, M.A., mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dalam rangkaian kunjungan kerja meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Desa Polohungo Kec. Dulupi Kab. Boalemo. Senin (22/4/2024).

Turut hadir mendampingi kegiatan peresmian yakni Menteri PUPR RI M. Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Menteri Pertanian RI Dr. Ir.Andi Amran Sulaiman M. P., Sekmilpres Mayjen TNI Rudy Saladin, Danpaspampres Mayjen TNI Achiruddin, dan di hadiri oleh PJ. Bupati Boalemo Dr. H. Sherman Moridu, S.Pd, M M., Ketua DPRD Kab Boalemo Karyawan Eka Putra Noho S.Sos., Dandim 1313/Pohuwato Letkol inf Aribowo Dwi Hartanto, S.I.P, M.I.P., Kapolres Boalemo AKBP Sigit Rahayudi, S.I.K., Wakil Ketua I DPRD Kab. Boalemo Lahmudin Hambali Sos.M Si.

Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Gorontalo terbagi di tiga kabupaten. Pertama di Kabupaten Boalemo satu ruas jalan yaitu SP 3 Trans Polohungo - Langge, sepanjang 7 km. Selanjutnya satu ruas jalan berada di Gorontalo Utara (bypass Moluo - Molingkapoto) panjang 4,4 km.

Sementara tiga ruas IJD lainnya berada di Kabupaten Gorontalo, yaitu jalan Pongongaila -Tumba Ayumolingo 4,4 km, Runi Hemeto (Pongongaila - Buhu) 4,2 km serta Mulyonegoro-Karya Mukti sepanjang 18,3 kilometer.
"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan pelakasaan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Gorontalo," ucap Presiden RI Jokowi saat meresmikan IJD yang dipusatkan di jalan Polohungo - Langge, Kabupaten Boalemo.

Kita tahu betapa pentingnya yang namanya jalan, terutama yang berkaitan dengan produksi, Kalau di Gorontalo sini ada produksi Kelapa dan jagung Oleh sebab itu jalan sangat penting untuk menaikkan produktivitas di Prov. Gorontalo.

Pelaksanaan IJD mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. Pada Tahun Anggaran (TA) 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 14,6 triliun secara nasional untuk penanganan 2.873 km jalan daerah di seluruh Indonesia.


pewarta: lukman tahir
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Usai Terjatuh Puing Helikopter Ditemukan, Presiden Iran Dilaporkan Tewas

Jakarta, JMI - Presiden Iran Ebrahim Raisi dan menteri luar negerinya Hossein Amir-Abdollahian dilaporkan tewas dalam kecelakaan helikopt...