WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pangdam XIII/Merdeka Dampingi Presiden RI Resmikan Bandara Panua Pohuwato

POHUWATO, JMI - Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya, M.A., mendampingi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Pohuwato dalam rangka Peresmian Bandar Udara Panua di Desa Imbodu Kec. Randangan Kab. Pohuwato. Senin (22/4/2024).

Turut serta mendampingi Presiden RI yaitu Menteri PUPR RI Bpk. M. Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian RI Bpk. Andi Amran Sulaiman, Menteri Perhubungan RI Bpk. Budi Karya Sumadi, Pj. Gubernur Gorontalo Ir. Ismail Pakaya, M.E., Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi, M.H., Sekmilpres Mayjen TNI Rudy Saladin, Danpaspampres Mayjen TNI Achiruddin, Danrem 133/NW Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P., Dansat PM Lanud Samratulangi Letkol CPM Rindo Qadarsyah, Kapolres Pohuwato AKBP Winarno, SH ,S.IK., Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga, Wakil Bupati Pohuwato Hj. Suharsi Igirisa, S.IP., M.Si.

Presiden Joko Widodo bersama rombongan tiba di Bandara Panua sekitar pukul 07.51 WITA dengan menumpangi pesawat City Link dengan tipe ATR 72-600 dari Bandara Djalaluddin Gorontalo. Selanjutnya Presiden bersama rombongan meninjau fasilitas gedung terminal dan mendengarkan paparan dari Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi.


Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan Negara kita adalah negara yang besar yang memerlukan infrastruktur, baik dari pelayanan pendidikan pelayanan kesehatan dan konektifitas dari pelabuhan, jalan dan Bandara, jika tidak dimiliki negara kita akan kalah bersaing dengan negara lain.

Oleh sebab itu, Bandara adalah infrastruktur yang sangat penting, karena dapat menunjang kecepatan perpindahan orang dan barang, karena tantangan kedepan adalah seberapa cepat Negara berproses.

Jokowi menilai eksistensi Bandara sangat penting untuk bersaing dengan negara lain agar kecepatan mobilitas orang dan logistik lebih baik lagi. Perputaran ekonomi bisa semakin berkembang.

Oleh sebab itu, diharapkan dengan adanya Bandara Panua di Kabupaten Pohuwato dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Pohuwato dan Provinsi Gorontalo.

Bandara Panua memiliki sejumlah fasilitas penting diantaranya landasan pacu sepanjang 1200m x 30m, taxiway 15m x 170m serta apron 110m x 70m. Gedung terminal berukuran 990m² dengan pesawat terbesar yang bisa terbang dan mendarat jenis ATR 72-600.

 

Pewarta: Lukman Tahir

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sekda Subang Selenggarakan Konferensi Pers Terkait Isu Strategis di Kab.Subang

Subang, JMI - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si didampingi Asisten Daerah bidang Perekonomian dan ...