WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Job Fair SMKN 1 Majalengka: 80% Lowongan Kerja Bagi Perempuan, Dedi Ingin ada Evaluasi

MAJALENGKA, JMI - Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui Dinas Ketenagakerjaan dan KUKM mengadakan Job Fair bertempat di SMKN 1 Majalengka, Selasa ( 28/05/2024 ).

Pj Bupati Majalengka Dedi Supandi mengatakan ada 23 perusahaan yang ikut Job Fair dan berada di Kabupaten Majalengka untuk membuka bursa lowongan kerja (Loker).

Dari 23 perusahaan tersebut dibutuhkan karyawan sebanyak 4.995 calon pendaftar, sayangnya kebanyakan lowongan kerja diperuntukan bagi kaum perempuan, hanya 10 persen saja pasar kerja yang diperuntukan bagi laki- laki.

Padahal selama ini banyak laki – laki yang mebutuhkan lapangan pekerjaan, manun seolah lapangan kerja bagi laki – laki lebih sempit dibanding perempuan. Untuk itu kita akan segera melakukan evaluasi apa yang menjadikan lowongan pekerjaan sangat timpang.

" Harus dievaluasi, pada jobfair sekarang ini ketersediaan lowongan kerja untuk laki - laki ternyata hanya 10 persen an saja, kebanyakan perusahaan mnyediakan bursa kerja untuk perempuan. Harus kita evaluasi juga kenapa perempuan,” ungkap Dedi.

Selain itu, Dedi pun mengatakan perlunya melakukan evaluasi kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. Setiap sekolah harus mulai merubah kurikulum sekolahnya dengan kurkulum yang benar – benar dibutuhkan industri atau pasar kerja.

Jangan sampai kurukulum sekolah justru yang tidak dibutuhkan industri yang ada, dengan begitu lulusan sekolahnya akan sulit mendapatkan pekerjaan karena ilmu atau keterampilan yang dimilikinya tidak sesuai kebutuhan di perusahaan atau idustri yang ada.


“Makanya kurikulum sekolah harus menyesuaikan dengan kebutuhan industri yang ada, kurikulum SMK harus menyiapkan pendidikan yang diharapkan oleh pasar kerja. Dengan begitu bukan lagi calon tenaga kerja yang mencari pekerjaan melainkan sebaliknya, perusahaan yang akan datang ke sekolah untuk mengambil tenaga kerja,” jelas Dedi Supandi.

Disisi lain Dedi mengatakan, diselenggarakannya liga buruh di Kabupaten Majalengka beberapa hari lalu bertepatan dengan peringatan Hari Buruh, membawa dampak positif bagi perusahaan dan calon tenaga kerja.

Sekarang ini banyak perusahaan yang akan melakukan perekrutan calon tenaga kerja yang memiliki prestasi di bidang olah raga seperti sepak bola, voll ball dan olah raga lainnya.

“Kemarin kita selenggarakan liga buruh, ternyata sekarang banyak perusahaan yang akan merekrut tenaga kerja yang memiliki prestasi di bidang olah raga. Maka calon tenaga kerja bisa mempersiapkan diri juga agar memiliki prestsi bidang olah raga,” tutur Pj Bupati. 

 

Pewarta: Yaya Ruhiyat

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD, Pj.Bupati Subang Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2023

Subang, JMI - Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang dengan agenda Penyampa...