WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pesta Rakyat Sedekah Bumi Desa Cikeleng Hajat Budaya Tahunan

Kuningan, JMI - Acara tahunan  Sedekah Bumi di Desa Cikeleng Kec Japara Kab.Kuningan Jawa barat yang dihadiri oleh Sekda Kab.Kuningan ( Dr.H.Dian Rachmat Yanuar,M.Si.) Camat Kec. Japara (Iman Firmansyah, S.STP. Kapolsek jalaksana ,dan koramil jalaksana , Lemnas, para tokoh agama, Budayawan dan tamu undangan dari berbagai elemen masyarakat yang di laksanakan  pada hari kamis 30 - Mei - 2024 , pesta rakyat budaya ini berjalan dengan meriah

Acara tahunan ini selalu dilaksanakan tiap tahun dengan melakukan pemotongan Kerbau sebagai wujud syukur kepada yang Maha Kuasa atas semua keberkahan dan hasil Bumi yang melimpah bagi kelangsungan hidup masyrakat desa Cikeleng .

Sedekah Bumi ini dilakukan dengan melakukan do'a bersama  masyarakat , atas rasa syukuran, serta melakukan simbolis penyerahan berbagai hasil tani kepada perwakilan masyarakat tiap Dusun di wilayah desa cikeleng yang dilakukan oleh Sekda dan Kepala Desa Cikeleng ( Rukmana, M.Pd ) agar di tahun berikutnya hasil panen bumi , perkebun , persawahan , ladang bisa lebih baik, berkah dan lebih melimpah "Aammiin ya robal alamin "

Acara penutupan dengan diiringi Do'a secara hikmat dan antusias warga masyarakat desa cikeleng  sangat respon dibuktikan dengan membludaknya  masyarakat yang hadir baik dari Desa Cikeleng maupun luar desa di wilayah desa cikeleng yg berakhir pukul 11 : 00 wib . bubar secara tertib.

 

Pewarta: Jaelani (Kang Jay)

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN Darmaraja Menjadi Sekolah Idola

SUMEDANG, JMI - Pelaksanaan PPDB Tahun ajaran 2024 - 2025 di Sekolah menengah atas negeri Darmaraja untuk jalur prioritas terde...