WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Perbaiki Ekosistem Danau Limboto, Danrem 133/NW Tabur 3.200 Benih Ikan


GORONTALO JMI,
Komandan Korem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Amrin Ibrahim S.I.P didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 133 PD XIII/Merdeka Surry Amrin Ibrahim melakukan penebaran benih ikan di Danau Limboto tepatnya di Dermaga Museum Pendaratan Soekarno Desa Iluta Kec. Batudaa Kab. Gorontalo, Senin (22/8/2022).

Dalam pelaksanaannya bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Gorontalo. Sebanyak 3.200 ekor benih ikan Nila dan Emas di Dermaga Museum Pendaratan Soekarno.

Danrem mengatakan, restocking atau penebaran benih tersebut bertujuan untuk menjaga ekosistem danau serta kelestarian habitat ikan, khususnya di sepanjang Danau Limboto tepatnya di Dermaga Museum Pendaratan Soekarno kemudian menambah populasi dan keanekaragaman jenis ikan di dalamnya.

Dengan demikian populasi ikan Nila dan Emas diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan, utamanya melalui hasil tangkapan nelayan setempat.

"Danau Limboto tidak hanya digunakan masyarakat sebagai jalur transportasi, namun sebagian masyarakat memanfaatkanya untuk penopang hidup, terutama yang berada di sepanjang Danau Limboto," kata Danrem.

Semoga apa yang sudah dilakukan penebaran benih ikan hari ini kedepannya dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama masyarakat yang menopangkan hidupnya melalui Danau Limboto dan saya harap masyarakat juga berperan aktif menjaga kelestarian dan ekosistem yang ada di Danau Limboto.

"Selain untuk menjaga ketahanan pangan bagi masyarakat sekitar perairan umum dalam hal ini Danau Limboto, kegiatan restocking ini juga bertujuan untuk mengembalikan fungsi dan peran perairan sebagai ekosistem yang seimbang. Di samping untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari hasil tangkapan ikan," imbuhnya.

Setelah melaksanakan kegiatan penebaran benih ikan, Danrem 133/NW Brigjen TNI Amrin Ibrahim, didampingi Kasipers Kasrem 133/NW Teady Aulia Mula Uji, SE. dan Kasipers Kasrem 133/NW Letkol Inf Yayat Priatna, P, S.I.P., M.Tr.(Han) melanjutkan kegiatan peninjauan proses renovasi Museum Pendaratan Soekarno.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wadanyonif 713/ST Mayor Inf Cakra Antonius Mok, Danramil Koramil 1304-03/Kota Barat Kapten Inf Zainudin, Kabid Budi Daya Perikanan dan kelautan Dinas Perikanan dan Kelautan Prov. Gorontalo JufribKabid Budi Daya Perikanan dan kelautan Dinas Perikanan dan Kelautan Prov. Gorontalo, Kades Iluta, Siskar Khasim.


Lukman Tahir/JMI/Red.


Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dongkrak Perekonomian Warga, Jalan Girimukti-Jatimulya Diperbaiki

MAJALENGKA, JMI - Ruas jalan Girimukti-Jatimulya yang berada di daerah Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka kini telah ke...