WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Hujan, Harga Cabai dan Bawang Merah Melonjak

Jakarta, JMI - Harga bawang merah dan cabai naik menjelang akhir pekan ini. Kenaikan tersebut disebabkan musim hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Ibu Kota sehingga menghambat pasokan barang.

Sarti, salah satu pedagang sayuran d‎i PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan, mengatakan, kenaikan tersebut telah terjadi sejak 25 Februari lalu. Sebagai contoh, harga bawang merah yang sebelumnya dipatok Rp 25 ribu per kg, kini dijual dengan harga Rp 45 ribu per kg.

"Bawang merah bulan lalu itu sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu, sekarang Rp 45 ribu per kg. Naiknya sejak tanggal 25 kemarin, terus naik sampai sekarang," ujarnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (4/3/2016).

Selain bawang merah, harga sejumlah jenis cabai juga mengalami kenaikan. Cabai merah keriting yang biasanya dijual Rp 30 ribu kini naik menjadi Rp 55 ribu per kg. Hal yang sama juga terjadi pada cabai rawit merah. Jenis cabai ini bahkan naik Rp 25 ribu dari sebelumnya Rp 20 ribu menjadi 50 ribu per kg.

"Cabai rawit hijau sekarang saja Rp 40 ribu, biasanya kan cuma Rp 20 ribu. Cabai besar yang paling mahal, sekarang sudah Rp 70 ribu per kg. Pernah 1 kg itu naiknya sampai Rp 10 ribu dalam sehari," jelasnya.

Menurut Sarti, kenaikan ini memang menjadi siklus saat datangnya musim hujan. Selain karena pasokan yang terhambat akibat turunnya hujan dan banjir, kenaikan tersebut juga biasanya karena sayuran lebih cepat membusuk saat musim hujan.

"Sudah biasa bulan-bulan seperti sekarang ini harganya naik. Karena hujan jadi pasokannya terlambat. Tapi barang ada terus, belum ada yang sampai kosong," tandasnya.

(lpt6/red)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukung Produktivitas Pertanian, Dinas PUTR Majalengka Gencar Optimalisasi Saluran Irigasi

MAJALENGKA, JMI - Dalam upaya menjaga ketersediaan air bagi sektor pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupat...