WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Indonesia minta Korut menahan diri

Warga Korea Utara menyaksikan layar raksasa yang menyiarkan pengumuman resmi "keberhasilan" pemerintah meletakkan satelit observasi di orbit, menyebutnya sebagai gerakan "zaman perubahan" di Pyongyang, Korea Utara, dalam foto yang dirilis Kyodo, Minggu (7/2). Korea Utara meluncurkan roket jarak-jauh hari Minggu untuk membawa satelit, menurut pernyataan mereka.


Jakarta, JMI - Indonesia meminta Korea Utara untuk menahan diri dari tindakan-tindakan provokasi yang dapat meningkatkan ketegangan di kawasan, pascapeluncuran dua rudal balistik di laut sebelah timur Kota Wonsan, Kamis pagi waktu setempat.

"Indonesia menyayangkan adanya langkah-langkah dari Korea Utara yang dapat mengakibatkan atau meningkatkan tensi di kawasan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir di Ruang Palapa Kemlu, Jakarta, Kamis.

Jubir Kemlu menambahkan tindakan-tindakan provokastif Korut dapat meningkatkan dan mengakibatkan berbagai ketidakstabilan di kawasan.

Oleh karena itu, Arrmanatha menegaskan bahwa Indonesia akan terus mendorong berbagai pihak yang terkait untuk dapat menahan diri agar stabilitas keamanan tetap terjaga.

"Indonesia meminta Korut agar selalu menghormati resolusi-resolusi PBB, termasuk yang terakhir yang dikeluarkan Dewan Keamanan PBB," ujar dia.

Dewan Keamanan PBB mengeluarkan Resolusi 2270 pada 2 Maret 2016 setelah Korut melakukan uji coba nuklir keempat dan meluncurkan satelit untuk kedua kalinya pada 6 Januari dan 7 Februari lalu.

Resolusi tersebut berisi sejumlah sanksi atas Negara Komunis itu untuk mengekang program rudal dan nuklir Pyongyang.

Dewan Keamanan PBB kembali menyampaikan tuntutannya agar DPRK menghentikan semua program nuklirnya, termasuk senjata nuklir, senjata pemusnah massal dan program rudal balistik.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukung Produktivitas Pertanian, Dinas PUTR Majalengka Gencar Optimalisasi Saluran Irigasi

MAJALENGKA, JMI - Dalam upaya menjaga ketersediaan air bagi sektor pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupat...