WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

RS Bedah Siaga Utama Purwodadi Adakan Bakti Sosial Gratis


GROBOGAN JMI
- Dalam membuka kegiatan perdananya, Rumah Sakit khusus Bedah Siaga Utama Purwodadi Grobogan melakukan pengobatan massal secara gratis kepada penderita nyeri sendi dan tulang, yang adakan di rumah sakit RSSU pada Minggu/6/3/22.

Kurang lebih sebanyak 106 orang pasien penderita nyeri tulang dan sendi yang sudah menfaftar sebelumnya, ditangani satu persatu oleh dokter ahli ortopedi milik RS Siaga Utama Purwodadi Grobogan yakni dr. M.Nasir Zubaidi, Sp.OT (K) dan dr Alfian Marthunus Sp.OT MKes.

Beberapa pasien yang sudah ditangani pada saat kegiatan pengobatan gratis ini mengaku plong dan lega sebab rasa nyeri tulang dan  sendi yang diderita selama ini sudah teratasi. Seperti yang diutarakan Mastiah (60) warga Kuripan Purwodadi usai memperoleh tindakan pada sendi lututnya, sekarang sudah merasakan enak dan  nyaman. Lain lagi pasien Suwarti (65) warga kecamatan Brati, saat datang ke rumah sakit tersebut tidak bisa berjalan karena nyeri hebat pada lututnya, namun setelah ditangani dokter ahli ortopedinya, Suwarti bisa pulang dengan mampu berjalan kaki ” Ini benar benar testimoni yang luar biasa, pasien tidak bisa berjalan, usai ditangani akhirnya, langsung pulang bisa berjalan” ungkap Direktur RS Bedah Siaga Utama dr Alisia Marthadewi kepada beberapa awak media


Hal yang sama juga diutarakan Siti Mahmudah (34) warga asal Kradenan,  ia menderita nyeri tulang punggung. Setelah ditangani dr Alfian Marthunus Sp.OT, dirinya merasa nyaman tanpa beban ” Wah, hebat ..saya langsung ditangani dokter ahlinya tadi, semoga tidak nyeri lagi” ucap karyawan Puskesmas Kradenan itu.

Setiap pasien peserta kegiatan pengobatan gratis menperoleh kenang kenangan berupa sebuah mug bertuliskan ” Rumah Sakit Khusus Bedah SIAGA UTAMA”

 Terpisah, Direktur RS Bedah Siaga Utama dr.Alisia Marthadewi berharap dengan diselenggarakannya kegiatan bakti sosial pengobatan gratis ini, RS yang dipimpinnya ini semakin dikenal masyarakat dan menjadi rumah sakit tujuan utama pendeita nyeri tulang dan sendi.” Layanan unggulan kami disini ya pelayanan bedah tulang dengan Pain intervention dan One day surgery” kata Direktur RSSU itu. Ditambahkannya, RSSU Purwodadi Grobogan saat ini disampibg dilebgkspu debgsn alat bedah Arthroscopi, juga ada pelayanan USG dan Rontgen, kamar periksa dan kamar operasi   serta didukung SDM yang mumpuni yakni 2 orang dokter bedah ortopedi,  5 orang dokter umum, dan 35 orang perawat dan staf umum.

Sementara  terkait pengobatan gratis ini ,dr M.Nasir Zubaidi SP.OT (K) kepada awak media menjelaskan pain intervention yang jadi unggulan RSSU bahwa pain intervention merupakan penanganan nyeri pasien.Menurut dr Nasir, nyeri merupakan salah satu dari 6 vital sign, oleh karena itu bagi nyeri yang sudah lama yang disebabkan faktor penyakit degeneratif perlu disegarkan kembali ” Jadi tindakan itu lebih kepada prolow atau merangsang untuk meregenerasi sel. Tapi kalau nyerinya sangat ya perlu di blok” ungkapnya.

Terkait ACL (anterior cruside legamen) yakni legamen pada lutut yang berfungsi untuk stabilnya sendi lutut dimana sering diderita atlit , terapinya saat ini sangat maju yakni dengan operasi arthroskopi, yakni dengan memasukkan alat teropong dan membuka lubang sedalam 10 cm pada lutut dan membuat luka hanya setengah sentimeter saja.”Inilah yang jadi unggulan pelayanan di RS Siaga Utama” katanya. Nasir berharap bagi masyarakat terutama penderita nyeri kronis minimal 3 bulan,  silahkan mendatangi RS Siaga Utama Jl Pemuda lingkar utara kota Purwodadi Grobogan.


Heru/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Majalengka Gelar Press Release Tahapan Pilkada Serentak 2024

MAJALENGKA, JMI – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Majalengka bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai elemen, termasuk medi...