WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bulan April, Diskon 30% Masuk Tol Cipali Untuk Truk Logistik


Jakarta, JMI -Pengelola jalan Tol Cikopo–Palimanan (Cipali), PT Lintas Marga Sedaya (LMS), bakal memberikan diskon tarif masuk tol 30% bagi kendaraan golongan II-V. Pengelola berharap, lebih banyak kendaraan logistik yang melintas jalan tol ini.

"Melalui program ini diharapkan semakin banyak pengendara truk yang dapat mengakses dan merasakan manfaat Tol Cipali," ujar Wakil Direktur Utama LMS, Hudaya Arryanto, dalam keterangan tertulis, Kamis (17/3/2016).

Selain biaya akses yang lebih hemat, program ini menurut Hudaya dapat mendorong penghematan bagi kendaraan logistik yang melintas.

Keberadaan jalur Tol Cipali memangkas jarak tempuh hingga 40 kilometer (km) dan waktu tempuh hingga 1,5–2 jam sekali jalan, jika dibandingkan dengan jalur Pantura.

Lebih lanjut Hudaya mengatakan, dengan waktu dan jarak tempuh yang lebih singkat, penggunaan jalur tol Cipali juga akan mengurangi biaya BBM serta menekan biaya perawatan (maintenance), karena kendaraan di tol akan mencapai kecepatan yang optimal (RPM rendah, kecepatan konstan).

Selain itu, efisiensi waktu dan jarak tempuh ini juga berpotensi meningkatkan efisiensi pengangkutan barang, sehingga akan mendorong peningkatan ritase truk.

"Program ini diharapkan dapat ikut mendorong peningkatan arus logistik antar daerah, yang akan berkontribusi positif pada pertumbuhan ekonomi lokal daerah-daerah yang dihubungkan oleh tol Cipali," kata dia.

Adapun pelaksanaan program diskon ini akan dilaksanakan sepanjang April 2016. Seluruh pengemudi kendaraan Golongan II – V yang melalui Tol Cipali akan mendapatkan diskon tarif tol hingga 30%.

Selain program bulan diskon, LMS juga berencana menawarkan kerja sama strategis kepada pengusaha logistik dan truk untuk optimalisasi manfaat jalur tol Cipali.

Hudaya mengatakan, rencana kerja sama strategis yang akan ditawarkan kepada pengusaha truk ini merupakan komitmen LMS untuk mengoptimalkan manfaat Tol Cipali.

"Hal ini sejalan dengan tujuan dibangunnya Tol Cipali yang diharapkan menjadi salah satu solusi strategis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan sosial, baik lokal maupun nasional, khususnya untuk industri logistik, pariwisata dan properti," pungkas dia.

Jalan Tol Cipali sepanjang 116,75 km ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Juni 2015 lalu, dan merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia. Jalan tol ini merupakan kelanjutan dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek, menghubungkan Jalan Tol Palimanan-Kanci.

Tol Cipali juga menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang menghubungkan Merak, Banten, hingga Banyuwangi, Jawa Timur.
(dna/wdl)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Prof H Amran Suadi Optimis Kaspudin Nor Lolos Menjadi Dewas KPK

JAKARTA, JMI – Sebanyak 146 calon Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dinyatakan lolos pada seleksi admi...