WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kapal Bermuatan 48.000 Zak Semen Tenggelam

Posisi tenggelamnya kapal KM Bunga Melati XV di perairan Tagulandang
Manado, JMI — Kapal barang KM Bunga Melati XV yang sedang mengangkut 48.000 zak semen tenggelam di perairan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Di kapal berkapasitas GT 1477 MT 889 itu terdapat 18 anak buah kapal (ABK).

Sekretaris Dinas Perhubungan dan Kominfo Kabupaten Sitaro Gandawari Mulalinda mengatakan, kapal tersebut berlayar dari Tarjun Batu Licin ke Pelabuhan Tagulandang.

"Sekitar pukul 16.44 Wita kemarin (Selasa, 22/3/2016), saat mendekati pelabuhan Tagulandang kapal kandas," kata Mulalinda, Rabu (23/3/2016).

Kapal kandas tepatnya di perairan Arus Pehe dan mencoba melakukan olah gerak ke dermaga Pelabuhan Tagulandang.

"Namun, diperkirakan karena telah terjadi kebocoran pada lambung kapal sehingga kapal terisi air dan tenggelam. Tepatnya di sisi selatan dermaga," tambah Mulalinda.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, semua ABK bisa menyelamatkan diri. Seluruh muatan semen ikut tenggelam bersama kapal. Kerugian diperkirakan miliaran rupiah.

Kapal yang dinakhodai Hengkie Passanaran (72) itu semula berlabuh di depan Pulau Ruang. Namun, pagi harinya kapal tersebut kandas dan diduga terbentur karang.

Benturan tersebut mengakibatkan kebocoran dan memaksa nakhoda merapatkan kapal ke dermaga. Namun naas, kapal itu tenggelam pada pukul 16.00 Wita.

(kps/red)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Politisi Muda Partai Gerindra, Zennieta Frara Melenggang Ke DPRD Subang

Subang, JMI - Politisi muda yang pernah menjadi mojang Subang tahun 2017-2019, Zennieta Frara, S.Pd, (Neng Zanet) telah mengunci satu kur...