WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Penyelam Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut Pasir Putih Tanpa Oksigen

SENIN 15 AGUSTUS 2016 | 16:10 WIB
Upacara HUT RI di bawah laut
Situbondo, JMI - Beragam cara dilakukan untuk merayakan HUT ke-71 Kemerdekaan RI. Di Situbondo, belasan pecinta anggota komunitas spearfishing memilih mengibarkan bendera Merah-Putih di dasar laut.

Hebatnya, penyelaman yang dilakukan para penembak ikan di dasar laut itu tanpa bantuan peralatan menyelam, seperti tabung oksigen. Meski sesekali harus muncul ke permukaan, mereka berhasil melakukan pengibaran dan penghormatan bendera merah putih di dasar laut Pasir Putih Situbondo.

"Kebanyakan anggota komunitas ini adalah para nelayan tradisional Situbondo, yang biasa berburu ikan dengan cara menyelam di dasar laut. Tadi waktu menyelam mereka juga membawa peralatan berburu ikan berupa tembak, yang kebanyakan buatan sendiri," tandas Eko Kintoko Kusumo, salah satu anggota komunitas spearfishing Situbondo, Senin (15/8/2016).

Pengamatan detikcom, pengibaran dan penghormatan bendera di bawah laut oleh komunitas spearfishing Situbondo dilakukan di Pantai Pasir Putih, Kecamatan Bungatan. Ada belasan anggota spearfishing yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Mereka menyelam bersama pada jarak beberapa puluh meter dari bibir pantai.

Meski tidak menggunakan tabung oksigen, para anggota spearfishing mampu bertahan 2 - 4 menit di dalam air. Tak heran, mereka pun harus beberapa kali muncul ke permukaan, sebelum akhirnya berhasil melakukan pengibaran dan penghormatan merah putih di dasar laut.

"Kemampuan menyelam 2 - 4 menit tanpa bantuan tabung oksigen ini menjadi keunikan dan kemampuan khusus. Tidak bisa dilakukan dengan sembarangan," sambung Eko Kintoko.

Selain memperingati HUT Kemerdekaan RI, pengibaran bendera di bawah laut ini juga ikut mempomosikan potensi wisata bawah laut di Perairan Pasir Putih. Sebab, dengan garis pantao mencapai 150 KM laut di Kabupaten Situbondo dinilai cukup berpotensi. Selain ekonomi, wisata bahari di Situbondo juga cukup berpotensi. Termasuk wisata keindahan pasir dan terumbu karang di bawah laut.

"Jadi sudah saatnya pemkab lebih mengeksplor dan mempromosikan. Karena bagian sebagian orang spearfishing ini adalah hobi. Berolah raga di bawah air sambil mencari ikan, baik di laut maupun di sungai. Oleh sebagian masyarakat pesisir khususnya di Situbondo, spearfishing ini ternyata juga menjadi sumber mata pencarian," pungkas Eko Kintoko.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bulog dan PT.PSI Gelar Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi On Farm

Karawang, JMI - Perum Bulog bekerja sama dengan PT. Padi Sehat Indonesia (PT. PSI) menggelar ‘Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi on Farm’ b...