WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jamaah Haji Indonesia Mulai Diberangkatkan Ke Arafah

JUM'AT 02 SEPTEMBER 2016 | 10:25 WIB
Salah satu jamaah haji Indonesia di kota Mekkah
Jurnalmediaindonesia.Com - Jamaah haji asal Indonesia mulai diberangkatkan ke Padang Arafah dari pemondokan masing-masing sejak Jumat pagi (2/9), dengan menggunakan bus. Wukuf di Arafah adalah puncak musim haji.

Setiap maktab disiapkan 21 bus yang akan mengangkut jamaah ke Arafah dalam tiga tahapan.

Pemberangkatan jamaah dari pemondokan akan dibagi menjadi tiga tahapan. Tahap pertama, jemaah diberangkatkan pada pukul 07.00- 11.30 waktu Arab Saudi (WAS). Karena hari Jumat, tahap kedua baru akan dimulai setelah Jumat, kira-kira pukul 13.00 sampai 16.00. Adapun tahap terakhir, dari jam 16.00 sampai 12 malam atau sampai selesainya jamaah terangkut semua ke Arafah.

Sehubungan dengan cuaca panas di Saudi, Kepala Bidang Transportasi Subhan Cholid mengimbau jamaah untuk selalu membawa air minum di setiap tahapan pergerakan.

"Karena cuaca sangat panas, dalam setiap perpindahan, jemaah agar tidak lupa membawa minuman. Dari Makkah menuju Arafah, bawa minuman. Dari Arafah ke Mudzalifah bawa minuman. Dan Dari Mudzalifah ke Mina juga membawa minuman. Meski satu botol, itu untuk menghilangkan haus dan panas," imbau Suhban, Kamis (1/9).

Jemaah haji Indonesia juga diiambau untuk tertib dan menaati jadwal yang sudah disepakati. Kepatuhan akan jadwal sangat penting untuk membantu kelancaran angkutan. Sebab, pada saat yang sama, seluruh jamaah haji dari berbagai dunia yang jumlahnya jutaan orang juga bergerak menuju tempat yang sama.

"Kalau saling berebut dan tidak taat jadwal, angkutan justru tidak lancar dan tidak sampai ke tujuan," kata Suhban.

Terakhir, dia berpesan, jamaah agar tetap berada di regu dan rombongan, tidak ambil inisiatif sendiri.

"Jadi bergerak sesuai yang disepakati bersama sesuai dengan regu dan rombongan," tandas Suhban dilansir dari laman kemenag.go.id.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Ormas Pejuang Marhaenis PMN Kabupaten Grobogan Serahkan SK PKK Ke-19 Kecamatan

GROBOGAN, JMI - Ormas Pejuang Marhaenis Nusantara Kabupaten Grobogan mengadakan rapat koordinasi (Rakor) serta penyerahan Surat...