WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu

WAY KANAN, JMI -- Ketua TP PKK Hj. Dessy Afriyanti Adipati meresmikan Pembukaan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu bertempat di GSG Way Kanan, Pada Rabu, 22 Januari 2020.

Seperti yang diketahui posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama guna memberdayakan serta memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Posyandu sebagai perwujudan dari peran serta masyarakat tidak serta merta hadir dan bergerak dengan sendirinya, dukungan pemerintah terhadap keberadaan dan kesinambungan posyandu terus diupayakan. Berbagai kebijakan telah dibuat dengan bermacam kegiatan dan program yang telah dilaksanakan agar posyandu tetap eksis dan menjadi gerbang terdepan pemberdayaan masyarakat.Upaya peningkatan peran dan fungsi Posyandu menjadi tanggung jawab semua pihak termasuk kader posyandu. Peran kader dalam penyelenggaraan Posyandu sangat besar karena selain sebagai pemberi informasi kesehatan kepada masyarakat juga sebagai penggerak masyarakat untuk datang ke Posyandu dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Salah satu permasalahan dalam penyelenggaraan Posyandu yang paling mendasar adalah Masih kurangnya pengetahuan kader baik dari sisi akademis maupun teknis, kita ketahui bersama bahwa kader merupakan ujung tombak dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu, keberadaan kader menjadi hal yang sangat penting dan strategis ketika pelayanan yang diberikan ke masyarakat dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan derajat kesehatan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.



“Untuk itu saya menyambut baik Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu pada hari ini yang kita harapkan pada akhirnya membuat masyarakat kita selalu berprilaku hidup sehat dengan upaya penyehatan lingkungan, masyarakatkan Keluarga Sadar Gizi dan yang tak kalah pentingnya Kesehatan ibu,bayi dan anak balita dikabupaten Way Kanan tetap terjaga,” Sambutan Ketua TP PKK Hj. Dessy Afriyanti Adipati.

“Pada kesempatan yang baik ini saya mengucapkan terima kasih Ketua dan jajaran Tim Penggerak PKK kampung, bapak/Ibu Kader Posyandu atas pengabdian yang luar biasa dalam upaya membantu memberikan Pelayanan Kesehatan dan sosial dasar kepada masyarakat. saya berharap kita terus menjaga komitmen kita dalam meningkatkan derajat kesehatan di Bumi Ramik Ragom yang kita cintai ini. Sebelum saya mengakhiri sambutan ini saya mengajak kita semua untuk bersatu menjaga kebersamaan dalam untuk Kabupaten Way Kanan yang kita cintai ini,” ungkapnya.

“Demikian beberapa hal yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini Akhirnya dengan mengucapkan “Bismillahirrohmanirrohim” Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2020 secara resmi saya nyatakan dimulai,” pungkasnya.


MAULIDI/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Polsek Panunggalan Polres Grobogan Berganti Nama Menjadi Polsek Pulokulon

GROBOGAN, JMI - Peristiwa bersejarah terjadi di wilayah hukum Polres Grobogan Jawa Tengah tepatnya di Kecamatan Pulokulon dimana sebelumny...