WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bandara Soetta Siapkan Pemindai Suhu Tubuh Cegah Korona

Calon penumpang menunggu penerbangan di Terminal 3 Bandara-Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (22/12/2019). Manajemen Bandara Soekarno-Hatta menyiapkan 478 pesawat ekstra untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik libur Natal dan Tahun Baru. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
TANGERANG, JMI -- Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) menyiapkan thermal scanner atau alat pemindai suhu tubuh sebagai antisipasi masuknya virus korona dari China. Perkiraan untuk suhu tubuh yang diduga terjangkit virus tersebut yakni 38-39 derajat celcius.

“Namun belum tentu panas tinggi di atas 38 derajat memiliki penyakit menular. Kadang ada yang radang tenggorokan atau dia lagi dirasa kurang enak badan,” kata salah satu petugas kesehatan Bandara Soekarno-Hatta yang juga perawat, Natirah.

Apabila penumpang dicurigai terkena virus korona maka akan dirujuk ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah penanganan di klinik kemudian dirujuk menuju RS Penyakit Infeksi Sulianti Suroso, Jakarta Utara.

“Di sini kita tidak melakukan pengobatan, hanya penanganan pertama, pengecekan apakah terindikasi terkena virus korona atau tidak. Untuk penanganan lebih lanjut kita rujuk ke RS Sulianti Suroso,” kata Natirah.

Menurutnya, jika hasilnya positif maka dilakukan pengobatan lebih lanjut di RS tersebut. Jika hasilnya negatif maka diperbolehkan untuk pulang.

“Kita nanti lihat indikator berwarna merah di layar tersebut, kemudian kita bawa ke klinik. Jika dia sesak nafas, demam tinggi 39 sampai 40 derajat celcius, dan nafasnya agak berat, kita curigai itu. Lebih baik kita curigai daripada lolos nanti menyebar penyakitnya,” ungkapnya.

Sejumlah alat pemindai suhu tubuh ini hanya terletak di dua terminal kedatangan internasional. Pemindai suhu terletak di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-hatta dan di Terminal 2 F kedatangan Internasional Soekarno Hatta.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang, mengatakan terdapat enam unit thermal scanner atau alat pemindai suhu tubuh yang disiagakan di Bandara Soetta. “Dua unit di Terminal 2 F dan empat unit di Terminal 3 internasional," katanya saat ditemui di Terminal 3 kedatangan internasional Soekarno Hatta.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Napak Tilas di Makam Ki Truno joyo Dalam Pemasangan Kain Kafan Serta Legenda Cerita Seiring Dengan Perkembangan Zaman

GROBOGAN, JMI - Sebuah makam yang berada di Dusun Sumber Barat Desa Sumberjosari kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Kawa...