WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pidato Lengkap Jokowi saat Bertemu Putin di Moskow

foto saat presiden jokowi bertemu dengan presiden putin di rusia

JAKARTA, JMI
 --  Setelah mengunjungi Kyiv, Ukraina, Presiden Joko Widodo datang ke Rusia untuk melanjutkan misi damainya dan bertemu Presiden Vladimir Putin.

Jokowi disambut langsung oleh Putin di Istana Kremlin, Moskow, pada Kamis (30/6) siang. Kedua presiden pun langsung menggelar pertemuan empat mata diakhiri dengan pernyataan pers bersama.

Putin memaparkan setidaknya lima poin penting kepada Jokowi dalam pernyataan pers bersama mulai dari kedekatan RI-Rusia hingga niat berinvestasi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Berikut pidato lengkap Jokowi saat bertemu Putin:

Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Presiden Putin atas sambutannya di Moskow.

Kami membahas beberapa hal dan ada beberapa hal yang saya bicarakan selama pertemuan kami.

Pertama, isu-isu yang berkaitan dengan perdamaian dan kemanusiaan selalu menjadi prioritas kebijakan luar negeri Indonesia. Konstitusi Indonesia mengharuskan kami untuk selalu berusaha memberikan kontribusinya sendiri demi memastikan perdamaian di seluruh dunia.

Dalam konteks inilah alasan kunjungan saya ke Kyiv dan sekarang ke Moskow.

Kedua, seperti yang saya katakan di Kyiv, meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, saya akan tetap mengatakan bahwa penting untuk bergerak menuju penyelesaian damai dan dialog terbuka.

Saya menyerahkan pesan Presiden Zelensky kepada Presiden Putin dan mengatakan saya siap membantu menjembatani komunikasi antara kedua pemimpin.

Ketiga, kita membahas panjang lebar tentang pentingnya jaminan pasokan pangan dan pupuk bagi masyarakat dunia. Ratusan juta orang terkena dampak gangguan logistik pasokan pangan, terutama di negara berkembang.

Saya menghargai Presiden Putin mengatakan bahwa Rusia menjamin keamanan pasokan makanan dan pupuk tidak hanya dari Rusia tetapi juga dari Ukraina.

Keempat, demi umat manusia, saya mendukung upaya PBB untuk mengintegrasikan kembali produk makanan dan pupuk Rusia, dan produk makanan Ukraina ke dalam rantai pasokan global. Secara khusus, sehubungan dengan pasokan dari Ukraina melalui laut, Putin mengatakan bahwa dia akan memberikan jaminan.

Kelima, kami menyempatkan diri untuk membahas kerjasama antara Rusia dan Indonesia tidak hanya dalam kegiatan investasi dan perdagangan tetapi juga di bidang pariwisata.

Kami akan melanjutkan kerja sama ini dan akan membentuk kelompok [kerja] untuk membahas masalah ini secara menyeluruh.

Sebagai penutup, saya ingin mengatakan bahwa Indonesia tidak memiliki kepentingan apa pun selain keinginan agar perang segera berakhir dan agar rantai pasokan pangan, pupuk, dan energi segera dipulihkan karena ini berdampak pada kehidupan ratusan juta bahkan miliaran orang.

Saya menyerukan kepada para pemimpin dunia untuk menemukan kembali semangat multilateralisme, semangat perdamaian dan kerja sama. Hanya semangat ini yang akan memungkinkan kita untuk mencapai kedamaian.

Terima kasih, Bapak Putin.

 

Sumber : CNN Indonesia

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Majalengka Gelar Press Release Tahapan Pilkada Serentak 2024

MAJALENGKA, JMI – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Majalengka bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai elemen, termasuk medi...