WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Gubernur Jabar Bersama Kapolda Jabar Hadiri Pameran UMKM yang di Selenggarakan Polres Subang Bertempat di Desa Wisata Sidajaya, Cipunagara-Subang

Subang, JMI - Gubernur Jawa Barat, Dr. (HC) Ridwan Kamil beserta Ibu Atalia Praratya Ridwan Kamil dan Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol. Drs. Suntana, menghadiri Gelaran Pameran Kreasi, UMKM, dan Produk Agro Subang Tahun 2022 yang di selenggarakan oleh polres Subang, bertempat di Desa Wisata Sidajaya Kecamatan Cipunagara, Jumat 16/09/2022.

Kedatangan Gubernur Jawa barat bersama Kapolda Jawa barat  di dampingi Bupati dan Kapolres Subang di sambut dengan seni galura sunda lengser serta Atraksi tari gotong sisingan  polwan polres Subang .

Dalam acara tersebut dilaksanakan pameran kreasi seni khas Subang, pameran produk UMKM Subang, produk Agro Subang, dan fashion show busana khas Subang yang diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta dan bangga warga Subang kepada budayanya sendiri.

Kapolres Subang, AKBP Sumarni S.IK ,SH,MH pada kesempatan tersebut menyampaikan dengan kerja bersama semua pihak, dampak krisis global tidak akan terlalu terasa di Indonesia.

"Perang Russia Ukraina telah berimplikasi pada krisis pangan dan energi ke beberapa negara. Alhamdulillah Indonesia dengan segala sumber dayanya masih mampu mencukupi kebutuhan rakyat Indonesia,"imbuhnya.

AKBP Sumarni juga menyatakan seluruh pemangku kepentingan di Subang telah melakukan langkah-langkah pengendalian inflasi daerah.

"Kami semua di Kabupaten Subang telah melakukan langkah-langkah guna mencegah inflasi daerah bersama TNI Polri melalui penggiatan ketahanan pangan dan ekonomi kreatif. Kami selalu ambil bagian di wilayah kami masing2, kami telah memanfaatkan lahan tidur di Kabupaten Subang 10 hektare untuk yang berasal dari Perhutani dan 2 hektare dari PTPN."paparnya.

Lebih lanjut ,"Sumarni menambahkan, apa yang Ia dan jajaran lakukan sebagai motivasi bagi masyarakat untuk melaksanakan hal serupa di lingkungan masing-masing.
"Menggelorakan agar seluruh masyarakat menanam tanaman pangan di lingkungan masing-masing. Dengan menanam tanaman pangan, kita bisa memenuhi kebutuhan atau bahkan surplus cabe dan bawang merah."ungkapnya.

Menutup sambutannya, Kapolres Subang berpesan agar masyarakat desa dapat berdaya dan dapat menjadi pusat ketahanan pangan di Kabupaten Subang.

"Millenial desa jangan lagi berpikir pindah ke kota tetapi harus mengelola sumber daya di desa untuk kesejahteraan warga desa dan menjadi pusat ketahanan pangan di Kabupaten Subang."tutupnya.

Selanjutnya, Gubernur Jawa Barat Dr.(HC) Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil dalam sambutannya mengaku bangga karena dirinya merupakan Gubernur Jawa Barat pertama yang datang ke Kampung Cigarukgak Desa Sidajaya.

"Ini adalah kunjungan gubernur pertama di Cigarukgak."katanya.

Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil juga mengapresiasi Kapolda Jawa Barat beserta jajaran yang mendukung penuh program-program Pemerintah Daerah di Jawa Barat.

"9 tahun saya bekerja, jarang pimpinan Polisi begitu luwes dalam melaksanakan kegiatan bersama masyarakat."Tutur gubernur Jawa barat Ridwan kamil
Kang Emil berpesan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dan seluruh masyarakat Subang untuk terus memajukan diri karena pembangunan Jawa Barat tidak akan maksimal apabila Subang tidak ikut memberi andil.

"Subangnya hebat Jawa Barat-nya juga pasti hebat. Jika Subang sudah Jawara, maka Jabar pasti Juara,"ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Barat Kang Emil membagikan hadiah dari Bank BJB kepada warga sekitar melalui permainan-permainan yang menarik dan menutup sambutannya sekaligus secara resmi membuka Gelaran Pameran Kreasi, UMKM, dan Produk Agro Subang Tahun 2022.

Acara dilanjutkan dengan kunjungan ke stand UMKM yang ada oleh Gubernur Jawa Barat dan Kapolda Jawa Barat didampingi Bupati Subang, Kapolres Subang serta Forkopimda Kabupaten Subang.

Usai menghadiri kegiatan tersebut, Bupati Subang, Kapolres subang, Dandim 0605 subang beserta Forkopimda Kabupaten Subang beserta jajaran menyempatkan diri untuk berbelanja di stand UMKM.

Dalam kunjungan ke stand UMKM tersebut, Bupati Subang mengaku bahagia atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

"Terlebih dalam kondisi kenaikan BBM, insyaallah dengan diadakanmya seperti ini menurut saya sangat positif. Apresiasi kepada Polres Subang yang menyelenggarakan acara ini."ungkap Bupati Subang.

Bupati Subang H.Ruhimat menambahkan, dirinya optimis dengan UMKM Subang dan sedang berupaya melebarkan pasar UMKM asli Subang.

"Produknya potensial. Marketing UMKM khususnya yang tadinya tidak ada kegiatan menjadi ada kegiatan. Sedang saya upayakan bekerja sama dengan retail modern untuk pemasaran produk UMKM asli Subang."tuturnya.

Terkait segala potensi Subang, Bupati Subang mengaku akan menggodok strategi agar dapat dimaksimalkan dan menyambut baik Bendungan Sadawarna yang akan memberikan dampak positif bagi pertanian di Kabupaten Subang.

"Akan kami diskusikan dengan Forkopimda untuk bagaimana memaksimalkan potensi yang ada. Terlebih Bendungan Sadawarna yang akan segera selesai yang nantinya akan sangat berguna apalagi untuk lahan tidur dan sawah tadah hujan yang ada di Subang." Pungkas Bupati Subang.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Subang beserta jajaran,Kapolres subang beserta jajaran,Dandim 0605 subang  beserta jajaran,Ketua DPRD Kabupaten Subang, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Ketua DWP Kabupaten Subang, Forkopimda Kabupaten Subang, Kepala OPD se-Kabupaten Subang, Para Camat, para Kapolsek ,para kepala desa  (APDESI)kabupaten Subang, Pemerintah Desa Sidajaya, dan tokoh masyarakat setempat serta para tamu undangan.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Diduga Kendaraan Dinas Lingkungan Hidup Berganti Plat Nopol Pribadi Mengalami Laka Hingga Tewaskan Satu Orang

GROBOGAN, JMI - Kendaraan Mobil Dinas yang diberikan Pemerintah seharusnya diperuntukkan kegiatan secara kedinasan bukan untuk kegiatan p...