WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dana Pemda Mengendap Rp.278 T Jokowi Geram !

Presiden RI Joko Widodo mengaku heran pemerintah daerah tidak membelanjakan anggaranya/net


JAKARTA, JMI – Presiden RI memerintahkan Pemerintah Daerah (Pemda) segera merealisasikan anggaran belanja dan pendapatan daerah (APBD). Karena sekitar Rp.278 Triliun dana mengendap di bank.

Dana sebesar Rp278 Triliun dinilai terlalu besar dibandingkan dana belanja daerah pada beberapa bulan menjelang akhir tahun 2022.

"Tahun lalu biasanya di bulan-bulan seperti ini paling Rp200 triliun, Rp220 triliun. Pagi tadi kita cek uang yang ada di bank masih Rp278 triliun" kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi, Rabu (30/11).

Jokowi mengatakan bingung dengan pemerintah yang tidak membelanjakan anggaranya, pemerintah selalu mencari investasi dari luar negeri untuk masuk ke dalam negeri.

“artinya kita pontang-panting cari modal lewat investasi tetapi uang yang ada di kantong sendiri tidak di investasikan, hati-hati ini adalah kekeliruan besar” ungkapnya.

APBD disetiap daerah baru mencapai 62% persen padahal realisasi anggaran yang cepat dapat memulihkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Sebab itu, Jokowi menugaskan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memeriksa setiap daerah untuk mengetahui penyebab lambatnya realisasi anggaran daerah.

"Situasi sangat sulit tapi malah uangnya didiamin di bank, tidak dibelanjakan. Ini saya minta segera dibelanjakan" kata Jokowi.

 

FAR/JMI/RED

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jelang Idul Adha 1445 H, Manajemen Destinasi Wisata Flora D'Castelo Gelar Ngopi dan Diskusi Bareng Belasan Awak Media Subang

Subang, JMI – Jelang Hari Raya Idhul Adha 1445 H tahun 2024 , Manajemen Destinasi flora wisata D, Castelo undang Belasan awak m...