WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

'Permafrost' Tempat Ditemukannya Virus Zombie, Berikut Deretan Faktanya


SIBERIA, JMI
- Permafrost (Ibun abadi) adalah lapisan tebal tanah, batu, dan es yang terletak di bawah permukaan tanah pada suhu 0 derajat celcius. Tanah ini membeku untuk waktu yang lama, dan tidak pernah mencair.

Tanah masuk kategori permafrost jika tetap membeku selama minimal dua tahun berturut-turut. Permafrost umumnya terletak di lintang tinggi, yaitu dekat kutub utara dan selatan.

Mengutip Sindonews.com, permafrosrt dapat diklasifikasikan sebagai permafrost kontinu, permafrost terputus-putus, dan permafrost sporadis. Permafrost dangkal bisa berusia 150 tahun, tetapi beberapa bagian dikatakan berusia hingga 6.000 tahun, dan bahkan lebih tua.

Berikut deretan fakta tentang permafrost dirangkum dari berbagai sumber, antara lain:

1. Wilayah terluas di Rusia

Melansir Cnnindonesia.com, kawasan ini memiliki luas sekitar 13 juta kilometer persegi yang menempati tiga perempat dari total wilayah Rusia dan hampir sepuluh persen permukaan tanah bumi.

Meski memiliki tanah yang luas, namun Siberia memiliki penduduk yang terbilang sedikit. Kawasan ini adalah salah satu daerah berpenduduk paling sedikit di bumi, berkisar 7 hingga 8 penduduk per mil persegi.

2. Rumah bagi Patogen

Dikutip dari Sindonews.com, pada 2005 silam, para ilmuwan NASA menghidupkan kembali bakteri yang dibekukan di sebuah kolam di Alaska selama 32.000 tahun terakhir, yang disebut carnobacterium pleistocenium. Bahkan bakteri yang berusia 8 juta tahun juga telah dihidupkan kembali.

3. Rumah bakteri

Seperti usus bumi, permafrost adalah rumah bagi sekumpulan bakteri. Sekira satu gram tanah yang diambil dari lapisan aktif dapat menghadirkan lebih dari satu miliar sel bakteri. Ada banyak hal yang harus diteliti tentang permafrost dan beberapa organisme serta mikroorganisme yang belum ditemukan oleh para ilmuwan.

4. Dihuni sejak 125 ribu tahun yang lalu

Manusia purba tercatat hidup di Siberia sejak 125 ribu tahun yang lalu. Pada 2010, para arkeolog menemukan tulang manusia milik hibrida dari denisovan dan neanderthal di pegunungan Altai Siberia. Tanahnya pun telah lama jadi rumah bagi kelompok pribumi di antaranya Nivkhi, Evenki, dan Buryat.

5. Mengandung karbon

Menurut Universitas Kopenhagen, permafrost mengandung karbon empat kali lebih banyak daripada yang telah dilepaskan manusia ke atmosfer di zaman modern. Selama ribuan tahun, 1.700 miliar ton bahan organik telah terbungkus dalam permafrost. Kondisi ini memungkinkan untuk menampung hampir setengah dari semua bahan organik yang terkandung di semua tanah di bumi.

6. Miliki danau terdalam di bumi

Danau Baikal adalah danau air tawar terbesar berdasarkan volume di dunia. Danau ini mengandung lebih dari 20 persen air permukaan segar dunia dengan kedalaman yang mencapai 5.387 kaki. Danau tersebut dikelilingi pegunungan dan lebih dari 330 sungai mengalir ke dalamnya.

7. Miliki lajur kereta api terpanjang di dunia

Tempat ini memiliki jalur kereta api yang menghubungkan Trans-Siberia ke Moskow dan Vladivostok dengan panjang hingga 5.771 mil atau 9.288,1 kilometer.

Jalur ini terkenal dengan pemandangan menakjubkan di sepanjang rute yang melintasi delapan zona waktu dan mencakup Danau Baikal, hutan birch dan pinus, serta pegunungan Ural. Perjalanan kereta ini bisa menempuh 6 malam dan 7 hari dengan 10 sampai 20 menit berhenti di setiap stasiun.

 

Sumber Telisik.id

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Tahapan Coklit Berakhir, KPU Subang Mencoklit 1.200.596 Pemilih Lanjut Tahapan Berikutnya Persiapan Pilkada 2024

Subang, JMI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang dengan bangga mengumumkan bahwa tahapan pencocokan dan penelitian (c...