WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Brigita Manohara mengakui menerima uang dari Bupati Ricky Ham Pagawak


Jakarta JMI,
 Nama presenter televisi Brigita Manohara terseret dalam kasus korupsi Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak. Brigita mengakui pernah menerima aliran uang hingga mobil dari Ricky.

Pengakuan itu diutarakan langsung oleh Brigita saat hadir sebagai saksi di KPK pada 25 Juli 2022. Dalam pemeriksaannya itu, Brigita menjelaskan awal perkenalannya dengan Ricky Pagawak.

Brigita mengakui menerima aliran uang dari Ricky Pagawak. Namun uang itu didapatkannya atas apresiasi Ricky Pagawak kepadanya sebagai presenter dan konsultan komunikasi.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Ricky pun langsung ditahan KPK usai menjalani pemeriksaan, Senin (20/2/2023). 

KPK Sita Aset Senilai Rp 16 Miliar dari Kasus Korupsi Ricky Pagawak

"Pada proses (pemeriksaan) tadi saya menyampaikan fakta bahwa saya pernah mengenal tersangka dan saya pernah menerima aliran dana serta hadiah dari tersangka sebagai apresiasi atas profesi saya, yakni presenter dan konsultan komunikasi," kata Brigita Manohara di gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (25/7/2022).

Brigita tidak menjelaskan detail pemberian uang dari Ricky Pagawak tersebut. Dia hanya menyebut pemberian uang itu dalam hubungan kerja profesional.

"Saya menyampaikan fakta bahwa saya pernah mengenal tersangka dan saya pernah menerima aliran dana serta hadiah dari tersangka sebagai apresiasi atas profesi saya, yakni presenter dan konsultan komunikasi," jelasnya.

Brigita Terima Mobil dari Ricky Pagawak

Ricky Pagawak lalu ditangkap KPK di Abepura, Jayapura, pada Minggu (19/2/2023) setelah tujuh bulan jadi buron. Dalam konstruksi perkaranya, Ricky Pagawak diduga melakukan gratifikasi hingga tindak pidana pencucian uang sebesar Rp 200 miliar.

Nama Brigita Manohara lalu kembali mencuat setelah Ricky Pagawak tertangkap. Brigita pun kembali mengaku juga pernah menerima mobil dari Ricky. Mobil itu pun telah dikembalikan Brigita kepada KPK.

KPK Sebut Rp 480 Juta Diterima Brigita dari Ricky Pagawak Berupa Mobil

"Semuanya sudah saya kembalikan. Nanti untuk lebih jelas bisa konfirmasi ke penyidik langsung biar nggak salah," katanya saat dihubungi, Senin (21/2/2023).

Brigita menegaskan tak tahu perihal uang yang diterimanya dari Ricky adalah hasil korupsi dan meminta kebijaksanaan penyidik KPK.

"Saya cuma berharap kebijaksanaan penyidik, karena saya memang tidak tahu-menahu tentang korupsi yang dilakukan Tersangka," kata Brigita.


Faisal 6444/Red/JMI

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Keputusan Pj Bupati Subang Cabut SK Relokasi Pasar Pujasera Subang Diapresiasi LSM AKSI

Subang, JMI - Pemkab Subang menggelar konferensi pers terkait pencabutan Surat Keputusan Bupati Subang tentang Tim Koordinasi R...