WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Cegah Banjir di Jawa Tengah, BNPB Siap Terapkan Teknologi Modifikasi Cuaca


SOLO, JMI
- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menyatakan kesiapannya menerapkan teknologi modifikasi cuaca (TMC) untuk wilayah Provinsi Jawa Tengah. Hal itu dalam rangka pencegahan banjir sebagai dampak dari tingginya intensitas curah hujan di beberapa kota dan kabupaten di wilayah Jateng tersebut. 

"Menurut prediksi BMKG kan tanggal 19 Februari 2023 ini curah hujan masih lebat," ujar Suharyanto usai memimpin rapat koordinasi terkait penanganan banjir di Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo di Balai Kota Solo, Sabtu, 18 Februari 2023. 

Melihat pengalaman banjir yang melanda sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Tengah pada awal Januari 2023 lalu, Suharyanto mengatakan BNPB telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jateng soal penerapan TMC tersebut. 

"Belajar dari pengalaman di Jawa Tengah pada awal Januari 2023 itu di mana telah terjadi hujan lebat sehingga hampir 20 kabupaten dan kota, termasjk Kota Semarang saat itu terendam banjir, kami akan melaksanakan teknologi modifikasi cuaca ini," tuturnya. 

Menurut Suharyanto, TMC cukup efektif mencegah terjadinya banjir yang diakibatkan kondisi iklim dan curah hujan yang tinggi. Teknologi  itu juga telah diterapkan dalam penanganan banjir di Makassar.

"Di Makassar sama, iklim dan curah hujan tinggi. Di awal tahun juga terjadi banjir di beberapa kota dan kabupaten dan telah dilaksanakan TMC. Memang kemudian berhenti karena untuk biaya cukup mahal. Seandainya nanti curah hujan kembali meningkat maka modifikasi cuaca dapat diterapkan kembali," katanya.

Saat ini, pihak BNPB tengah menunggu penetapan status tanggap darurat oleh Pemerintah Provinsi Jateng untuk dapat menerapkan TMC itu. 

"BNPB juga sedang menunggu status tanggap darurat dari Provjnsi Jawa Tengah. Jika sudah ditetapkan kita akan menggelar TMC yang terbukti bisa mengurangi dampak dari curah hujan akibat iklim yang diprediksi oleh BMKG itu," ucapnya.

 

Sumber Tempo

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pergantian Meron Dalam Haul Eyang Ndoro Pangeran Aryo Kusumo Desa Sumberjosari Karangrayung Selalu Menjadi Daya Tarik Tersendiri

GROBOGAN, JMI - Dalam rangka menyambut bulan Muharam 1446 H masyarakat Dusun Jajar Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kab...