WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Olahan Jahe-Kunyit Jadi Rempah Bernilai Ekonomi bagi UMKM di Cirebon


Jakarta JMI,
Tanaman jahe maupun kunyit diipilih untuk dibudidayakan karena dinilai mudah dikembangkan dan cepat menghasilkan rupiah. Oleh karena itu, Relawan Aksi Jaringan Sandi Uno terus mendorong terciptanya lapangan kerja lewat pemanfaatan rempah menjadi komoditas bernilai ekonomi. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan mengolah jahe dan kunyit untuk UMKM di Cirebon, Jawa Barat.

Ketua Aksi Jaringan Sandi Uno Cirebon, Diah mengatakan Cirebon merupakan salah satu penghasil rempah jahe dan kunyit. Karena itu dia berharap dengan pelatihan ini dapat meningkatkan perekonomian daerah, mengingat jahe dan kunyit dinilai mudah dikembangkan dan cepat menghasilkan rupiah.

"Kami memberikan pelatihan untuk memberdayakan UMKM yang ada di Cirebon, untuk menaikkan taraf hidup mereka. Karena Cirebon bersumber daya jahe dan kunyit, itu bisa membuka peluang kerja," kata Diah dalam keterangan tertulis, Selasa (21/2/2023).

Pada pelatihan yang digelar di Aula TSM Sport Center (TSC), Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Senin (20/2) kemarin, Diah mengatakan ke depan pihaknya akan terus melakukan program pendampingan serupa. Hal ini dalam rangka membantu penghasilan masyarakat daerah, khususnya di Cirebon.

"Program berkelanjutan ini akan kita dampingi agar UMKM berdaya saing tinggi dan menambah penghasilan lebih," jelas Diah.

Diungkapkan Diah, pelatihan yang diadakan para relawan Aksi Jaringan Sandi Uno terinspirasi dari sosok Sandiaga Uno. Menurutnya, Sandiaga merupakan menteri yang merangkul pelaku-pelaku usaha, dan sosok pemimpin yang dibutuhkan oleh rakyat Indonesia.

"Menteri Sandiaga Uno sosok yang memikirkan UMKM, beliau aktif dan ikut terjun langsung bertemu dengan para pelaku usaha yang ada di daerah-daerah, tidak banyak pemimpin seperti ini. Kita harus pilih pemimpin yang benar-benar memperhatikan rakyatnya, UMKM, serta laju ekonomi bangsa," ungkap Diah.

Sementara itu, salah satu peserta pelatihan Hadi (49) menjelaskan program Aksi Jaringan Sandi Uno dapat mendukung pelaku UMKM untuk berkembang. Ia pun berharap akan ada pelatihan lainnya.

"Program ini sangat mendukung pelaku UMKM yang ada di Cirebon. Sangat berarti bagi saya memiliki bisnis popcorn rumahan. Kami berharap ada pelatihan-pelatihan pendampingan lainnya untuk mengembangkan wirausahawan," tukasnya.

Selain Hadi, peserta pelatihan lainnya mengucapkan terima kasih kepada Aksi Jaringan Sandi Uno dan Sandiaga Uno yang telah memberikan pelatihan bermanfaat. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Rumah Pemenangan Sandi Uno dalam mendukung peluang usaha di daerah.


dtk/Zr/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Hati-Hati dan Waspada! Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Subang dari Tahun Ketahun Semakin Meningkat

Kepala dinas kesehatan Dr.Maxi saat wawancara dengan sejumlah awak media di ruang kerjanya Subang, JMI - Ditengah kemajuan jama...