WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

4 Rektor Perguruan Tinggi Tangerang Sepakat Kerjasama Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)


Bandung JMI,
Pada kegiatan Rapat Kerja Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam (KOPERTAIS) 1 Wilayah Jakarta Banten, 4 (empat) Perguruan Tinggi Kota Tangerang menyempatkan diri berdiskusi merealisasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bersama Bandung, (02/3/2023).

Dr. H. Muhamad Qustulani, MA.Hum Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nahdlatul Ulama (STISNU) Nusantara Tangerang menjelaskan ada 4 (empat) kampus, seperti STISNU Nusantara, STAI Asyukriyah, STAI Bina Madani, dan Institut Darul Qur'an (IDAQU) yang secara domisili di Kota Tangerang, bersepakat bekerjasama dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagaimana amanat Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020.

"Kita sepakat realisasikan program merdeka belajar kampus merdeka untuk menunjang mutu akademik dan mahasiswa," ujar pria yang disapa Gus Fani.

"Harapannya dari visi yang sama ini, kami bisa kolaboratif dalam pembangunan daerah. Tentunya sesuai dengan bidang kami dalam pendidikan dan penanaman moral pendidikan," tambahnya.


Ketua STAI As-Syukriyyah, Dr. Evan Hamzah, M.Sy menambahkan bahwa wujud dari kesepakatan ini akan ada tukar menukar dosen penguji ujian skripsi mahasiswa, penelitian dosen bersama, program kuliah kerja nyata (KKN), pengabdian masyarakat bersama, dan lain sebagainya. 

"Kita kolaborasi antar kampus yang manfaatnya bisa ditujukan untuk masyarakat."

Dr. Suja'i Ketua STAI Bina Madani menambahkan program ini (MBKM) tidak hanya pada usaha penguatan akademik melainkan juga disepakatinya kolaborasi akademik dalam pembangunan daerah, semisal KKN kontributif untuk pembangunan sumberdaya manusia, seperti kampung hidroponik, kampung sehat, penguatan nilai-nilai akhlakul karimah, dan lain-lain.

"KKN bersama ini nantinya kita asosiasikan dengan program pemerintah daerah, di mana harapannya mahasiswa menjadi kader penggerak kemajuan daerah." Kata pria kelahiran Cilegon.

Dr. Anwar Sani Rektor Institut Darul Qur'an (iDAQU) menambahkan ke depan kesepakatan ini bisa kita tingkatkan memalui program kuliah magang bersama di luar negeri, seperti di Jepang, Malaysia, Korea, dan Australia. Namun, sebelumnya mahasiswa kita harus dibekali dengan sesuai kebutuhan perusahaan penerima magang mahasiswa.

Acara diskusi ditutup dengan photo bersama dan akan ditindaklanjuti dengan penandatangan MOU diantara para pihak setelah kegiatan rapat kerja KOPERTAIS Wilayah 1 Jakarta Banten tahun 2023. 


Nuril/JMI/Red

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Sekda Subang Selenggarakan Konferensi Pers Terkait Isu Strategis di Kab.Subang

Subang, JMI - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si didampingi Asisten Daerah bidang Perekonomian dan ...