WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pittimos Fun Library, Tempat Asik Para Pecinta Buku di Bandung


Bandung JMI
, Pittimos Fun Library merupakan perpustakaan hiburan yang memiliki banyak sekali koleksi buku. Menawarkan suasana yang santai dengan alunan musik klasik, tempat ini cocok bagi yang ingin mencari ketenangan sembari membaca buku.

Berdiri sejak 2003, Pittimos menyuguhkan koleksi buku yang begitu lengkap. Novel dan komik menjadi andalan mereka. Tercatat sudah 9000 orang menjadi member Pittimos.

Pada tahun 2010, terdapat 3 cabang Pittimos yang tersebar di Jalan Banda, Dago, dan Buah Batu. Sayangnya saat ini Pittimos hanya ada di Jalan Banda. Seluruh koleksi buku yang tersebar kini bersatu di Pittimos Banda.

"Aku suka di sini (Pittimos) karena koleksi buku fiksinya yang lengkap. Bahkan buku-buku yang series atau buku lama pun ada di sini. Aku kaget sih waktu pertama kali ke sini terus nemu buku yang udah lama banget aku cari tapi dimana-mana gak ada, tapi kok di sini ada gitu. Jadi seneng banget deh karena di sini lengkap," ucap Azka salah satu member Pittimos.

Pittimos berawal dari hobi sang pemilik yang suka mengoleksi buku. Pittimos ini merupakan kata dari bahasa Padang yang berarti uang receh. Nah, berawal dari uang receh dan koleksi pribadi, Pittimos akhirnya berdiri sebagai suatu wadah dimana orang-orang dapat membaca dan menyewa buku.

Hasil dari sewa buku ini kemudian dibelikan kembali koleksi buku-buku lainnya. Tidak hanya sebagai tempat sewa dan baca buku, Pittimos juga menjual berbagai koleksi buku yang sudah cukup lawas.

Ruangan dari perpustakaan ini tidak begitu luas, namun menyimpan harta karun bagi para pecinta buku. Di bagian dalam perpustakaan, terdapat 4 buah kursi kayu yang dapat digunakan untuk membaca.

Tidak hanya di dalam, di luar perpustakaan juga terdapat kursi-kursi yang dapat digunakan. Tidak terlalu ramai, terlihat beberapa orang sedang duduk santai membaca buku masing-masing.

Bahkan ada satu bapak-bapak membaca bukunya sembari berbaring di kursi. Pembaca yang hadir ini datang dari berbagai kalangan usia, ada pelajar, mahasiswa, hingga orang tua turut membaca di area perpustakaan. Ada juga yang datang hanya untuk meminjam atau mengembalikan buku.


Harga Sewa Buku di Pitimoss

Sistem yang diterapkan oleh Pittimos ini ialah setiap yang mau membaca perlu datang dulu ke kasir dan membayar sesuai dengan tarif yang telah ditentukan. Tarif per bukunya itu beragam, mulai dari Rp 800 hingga Rp 4.500 pengunjung dapat membaca buku tersebut sepuasnya selama perpustakaan masih buka.

Berbeda dengan member yang sudah terdaftar. Apabila mendaftar jadi member, akan ada tarif khusus yang tentunya lebih murah dibandingkan untuk pengunjung umum.

Tapi jangan khawatir, setiap hari Minggu dan tanggal merah Pittimos memberikan promo gratis baca di tempat. Selain baca di tempat, buku juga dapat disewa dan dibawa pulang. Tarifnya tergantung berapa hari buku tersebut akan dipinjam.

"Biasanya lebih rame di Weekend karena Pittimos sendiri buat program khusus baca gratis ditempat setiap hari Minggu dan tanggal merah. Kalau hari biasa orang dateng biasanya cuman untuk minjem atau ngembaliin, jarang yang baca di tempat," ujar Iki salah satu pengurus Pittimos.

Pelayanan yang ramah juga diberikan oleh para pengurus Pittimos yang menjadi khas tersendiri. Member dan pengurus terlihat akrab satu sama lain ketika melakukan interaksi.

Salah satu pengunjung juga mengaku nyaman melakukan aktivitas membaca dan pinjam buku di Pittimos. Bahkan terdapat salah satu member sejak 2015 hingga saat ini masih aktif melakukan kegiatan baca dan pinjam buku di perpustakaan ini.


dtk/Zr/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Gara-Gara Hutang dan Ejekan, Nyawa Seorang Perempuan Paruh Baya Melayang

GROBOGAN, JMI - Polres Grobogan Polda Jateng berhasil ungkap kasus pembunuhan di Desa Kebonagung Kecamatan Tegowanu pada hari m...