WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Haris Ketum KNPI dan Ratusan Aktivis Pemuda akan Jemput Pembebasan Anas Urbaningrum, Serukan "Keadilan yes, Kriminalisasi No!"

Jakarta JMI, Setelah menjalani masa tahanan yang diyakini sarat muatan politisnya sejak tahun 2013 silam, mantan Anggota DPR RI yang juga Ketum PB HMI tahun 1997 - 1999, Anas Urbaningrum (AU) akan menghirup udara bebas pada bulan April ini.

"Saya bersama-sama rekan aktivis pemuda akan menjemput Bang Anas, menyambut kebebasannya. Beliau senior, mentor dan guru yang tak lelah memotivasi saya dan aktivis pemuda," kata Haris Pertama, S.H, Ketua Umum DPP KNPI saat dihubungi media ini pada Sabtu (01/4/2023).

Haris menyatakan, sejak awal telah terjadi keanehan proses hukum dan kriminalisasi atau persekusi politik dengan memperalat hukum terhadap seniornya tersebut. Bahwa AU adalah korban kompetisi politik tidak ksatria dan tidak fair. 

Cakar kekuasaan dalam mengintervensi hukum untuk menjerat anak bangsa atas nama ambisi, kepentingan kelompok atau golongan, menurut Haris Pertama, tidak boleh lagi terjadi di negeri ini. Pemuda akan melawan segala bentuk kriminalisasi, karena hukum harus jadi panglima.

"Kami, khususnya yg tergabung dalam KNPI merasa ikut senang dengan segera bebasnya Bang AU, karena KNPI akan mendapatkan senior partner dalam berpikir, bergagasan dan bergerak," lanjut Haris, pemuda yang baru saja dilantik jadi Ketua Bidang Pemuda Majelis Nasional Korps Alumni HMI (MN KAHMI) periode 2022-2027 ini.

Perjuangan kaum muda untuk tegaknya keadilan dan demokrasi pasca AU bebas, katanya, harus  terus lanjut.

"Demokrasi harus kita perjuangkan dengan cara yang fair dan sesuai dengan nilai Pancasila. Keadilan yes, kriminalisasi no!" tandas Haris Pertama.

Menurut informasi, rombongan yang menjemput Anas, selain pengurus DPP KNPI dan rekan aktivis pemuda, juga akan bergabung rombongan anggota KNPI Jatim dan sejumlah kader HMI dari Jawa Timur. Agenda penjemputan ini, katanya, sebagai bentuk rasa syukur atas kebebasan AU dan bukti masih kuatnya ikatan emosional antara senior - junior aktivis.

Saat yang sama, Sekjen DPP KNPI Gandung Rafiul Nurul Huda, membenarkan bahwa akan ada banyak pemuda yang menjemput AU saat keluar dari LP Sukamiskin Bandung.

"Rombongan dari Jatim akan berangkat dengan bus pemuda KNPI Turangga Seta dan bus lainnya. Ini bentuk solidaritas dan rasa hormat teman-teman aktivis kepada Bung Anas sebagai senior dan tokoh demokrasi," ujar Sekjen Gandung, pemuda asal Jawa Timur dan alumni GMNI ini.

Menurut Gandung, AU telah menjalani proses hukum yang sarat nuansa politik ini dengan penuh kesabaran, dan kini akan kembali menjadi anak bangsa dan bagian dari dinamika perjalanan bangsa Indonesia.

"Gagasan-gagasan kebangsaan Bung Anas masih dibutuhkan oleh bangsa ini. Demikian pula dengan motivasi dan nasehatnya, selalu kita nantikan," pungkas Gandung. 

A.Mansur/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN Darmaraja Menjadi Sekolah Idola

SUMEDANG, JMI - Pelaksanaan PPDB Tahun ajaran 2024 - 2025 di Sekolah menengah atas negeri Darmaraja untuk jalur prioritas terde...