WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bupati Subang H.Ruhimat Terima Kunjungan Irjen Kementan, Ingin Keseimbangan Bagi Subang

Subang JMI - Bupati Subang H. Ruhimat menerima kunjungan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian RI, turut hadir dalam kegiatan tersebut inspektur 1 Kementan, inspektur 2 kementan, jajaran pejabat kementan, Asisten daerah bidang perekonomian dan pembangunan kabupaten Subang, Kepala Dinas pertanian Subang , Kepala Dinas ketahanan pangan Subang , Kepala Dinas perikanan Subang dan tamu undangan,  bertempat di Saung Jimat, Senin (15/05/2023).

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Inspektur Jenderal Kementan RI, Dr. Jan Samuel Maringka S.H.,M.H yang membahas terkait pentingnya alih fungsi lahan dan dukungan Kementerian Pertanian kepada Kabupaten Subang sebagai salah satu lumbung padi nasional.

Pada kesempatan tersebut Bupati Subang H.Ruhimat menyatakan kedatangan rombongan Irjen Kementan merupakan anugerah bagi Kabupaten Subang dalam menyongsong masa industri Subang tanpa melepas status lumbung padi nasional. Secara khusus Kang Jimat memohon kepada Irjen Kementan untuk memberikan arahan bagi Kabupaten Subang terkait hal tersebut,"Tuturnya.

Lebih lanjut,"Bupati Ruhimat mengungkapkan bahwa Ini adalah anugerah bagi kami. Kami berharap untuk tetap mempertahankan lumbung padi nasional, namun kami tidak ingin ketinggalan industri. Pada kesempatan ini kami mohon petunjuk dari Pak Irjen bagaimana memperhatankan lumbung pangan tetapi mampu menyongsong era industri."imbuhnya.

Bupati H.Ruhimat juga menyampaikan keberadaan Bendungan Sadawarna memberikan manfaat yang samgat besar bagi dunia pertanian Subang yang mampu memberikan keseimbangan antara prioritas industri dan pembangunan di Kabupaten Subang untuk menuju Subang Jawara.

"Dengan Bendungan Sadawarna banyak sawah tadah hujan menjadi sawah teknis yang mampu menjaga kestabilan terkait ketahanan pangan. Kalau seimbang antara ketahanan pangan dan industri, kejayaan, keistimewaan, dan kesejahteraan, semua itu kami yakin akan tercapai."paparnya.

Selanjutnnya Inspektur Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian Dr. Jan Samuel Maringka S.H.,M.H menyatakan setuju dengan apa yang disampaikan oleh Kang Jimat terkait keseimbangan pembangunan infrastruktur dan pertanian.

"Benar kata Pak Bupati infrastruktur terus berjalan, tapi lahan pertanian tidak boleh kita lupakan. Kita harus memiliki keberpihakan. Terima kasih kepada Pak Bupati atas dukungan dalam alih fungsi lahan pertanian."papar Dr Jan Samuel.
Dr. Jan menambahkan Irjen Kementan selalu mendorong semua pihak untuk mendukung alih fungsi lahan pertanian salah satunya dengan rapat koordinasi yang akan segera dilaksanakan dan adanya program Jaga Pangan.

"Akhir bulan rakor alih fungsi lahan pertanian. Kita dorong semua pihak untuk mendukung dan kami juga memiliki program Jaga Pangan."Jelasnya.

Terakhir Dr. Jan berharap Kabupaten Subang mampu menjadi percontohan dalam alih fungsi lahan pertanian dan berterima kasih kepada Kang Jimat atas komitmennya menjaga Subang sebagai lumbung padi nasional.

"Saya ingin Kabupaten ini bisa menjadi percontohan dengan mengangkat persoalan yang ada di lapangan. Kami juga sudah membentuk Satgas alih fungsi lahan pertanian yang nantinya mampu memberikan rekomendasi yang bermanfaat bagi daerah. Terima kasih Pak Bupati untuk terus menjaga Subang sebagai lumbung padi nasional." Pungkas Dr. Jan.

AGUS HAMDAN/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD, Pj.Bupati Subang Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2023

Subang, JMI - Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang dengan agenda Penyampa...