WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pangdam III Siliwangi Bersama Kapolda Jabar Serta Pihak Terkait, Menanam Pohon Mangrove di Pantai Pondok Bali, Legon Kulon, Subang

Subang JMI,  Pangdam III/Subang Mayjen TNI Kunto Ari Wibowo, bersama seluruh Danrem, dan Dandim di Jajaran Kodam III/Siliwangi, beserta Jajaran TNI AU/AL, dan Kapolda Jawa Barat, serta jajaran Forkopimda Kabupaten Subang juga para Mahasiswa, Pramuka dan Pelajar,  melaksanakan Puncak penanaman pohon mangrove, Bertempat di Pantai Pondok Bali Kec. Legonkulon Kabupaten Subang, Senin (15/5/2023).

Puncak Penanaman pohon mangrove tersebut, dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, yang dipimpin langsung Presiden Jokowi, bersama Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yang dilaksanakan secara virtual, dengan luas penanaman mangrove 3,3 juta hektar.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Ari Wibowo mengatakan, penanaman pohon mangrove yang dilakukan Kodam III/Siliwangi, sudah  yang ketiga kalinya, dimulain pada tahun 2022 dan 2023 ini, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia,"Tuturnya.

lebih lanjut pangdam lll Siliwangi menyampaikan bahwa Penanaman pohon mangrove kali ini,  tersebar di 17 titik di seluruh wilayah Jawa Barat dan Banten, dengan luasan wilayah 296.000 meter persegi, dengan jumlah bibit tanaman sebanyak 14.400 tanaman.

"Dengan harapan, yang sudah kita lakukan adalah, menghimpun para masyarakat, agar bisa memelihara tanaman mangrove ini, sesuai amanat bapak Presiden tadi," ujar Mayjen Kunto kepada wartawan di Subang, Senin (15/5/2023).

Pangdam lll Siliwangi menambahkan ,"untuk pengelolaan pohon mangrove yang sudah ditanam ini,  mulai dari budidaya ikan,  udang, kepiting, makanan-makanan ringan, melalui UMKM.
"Harapan saya, dengan penanaman pohon mangrove ini, dapat membangkitkan perekonomian masyarakat, dari pemanfaatan lahan, untuk dikelola melalui budidaya perikanan laut, dan juga UMKM-nya, dan semua ini, sudah kita lakukan," tambahnya.

Mayjen Kunto juga mengajak kepada seluruh unsur masyarakat, agar bersama-sama untuk kepentingan nasional, terkait tata kelola darat dan perairan, untuk meningkatkan tarap perekonomian, dan juga kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat.

"Kita TNI-AD dan TNI-AL serta TNI-AU, beserta Polri dan juga seluruh lapisan Forkopimda, untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat, yang ada di pesisir pantau utara maupun selatan, terkait tata kelola wilayah pesisir pantai, dan juga menghimbau agar seluruh jajaran Forkopimda untuk menjadikannya, sebagai program yang rutin," tandas Pangdam III/Siliwangi.

Selanjutnya Pangdam didampingi Kapolda Jawa Barat, beserta Jajaran TNI/Polri, melaksanakan bakti sosial berupa donor darah, memberikan santunan kepada masyarakat yang membutuhkan, serta bazar UMKM. Dalam kesempatan itu, Pangdam dan Kapolda Jabar memborong semua UMKM, dan dibagikan kepada masyarakat Desa Mayangan Kecamatan Legonkulon Subang, secara gratis.

Agus Hamdan/JMI/Red.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Tahapan Coklit Berakhir, KPU Subang Mencoklit 1.200.596 Pemilih Lanjut Tahapan Berikutnya Persiapan Pilkada 2024

Subang, JMI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang dengan bangga mengumumkan bahwa tahapan pencocokan dan penelitian (c...