WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Presiden Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu, Ini Jejak DAHANA Dipercaya oleh PT Wika dengan Ledakan Bantu Proses Percepatan Pembangunannya

Subang, JMI - Presiden Joko Widodo meresmikan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang bernilai Rp. 18,3 triliun pada 11 Juli 2023. Presiden menyampaikan bahwa Tol ini hadir untuk meningkatkan mobilitas perekonomian masyarakat terutama sebagai penghubung ke Bandara Internasional Kertajati yang berada di Majalengka Jawa Barat.

Dalam sambutannya, Presiden berharap dengan selesainya pembangunan Tol Cisumdawu, Bandara Kertajati dapat beroperasi penuh pada Oktober 2023. Dimana hingga saat ini, Bandara tersebut masih digunakan secara terbatas untuk penerbangan embarkasi haji untuk Jawa Barat, dan beberapa penerbangan lokal.


“Saya melihat Bandara Kertajati yang didukung oleh Tol Cisumdawu adalah airport masa depan kita. Karena sekarang sudah mulai banyak keinginan dari negara-negara luar untuk masuk equity-nya berpartner di Bandara Kertajati, baik mengoperasikan maupun meningkatkan traffic lalu lintas penerbangan yang ada,” tutur Jokowi.

Secara terpisah, Direktur Utama DAHANA Wildan Widarman menyampaikan selamat atas peresmian Tol Cisumdawu, ia juga menuturkan keterlibatan DAHANA dalam percepatan pembangunan. Di Tol Cisumdawu, DAHANA berhasil menyelesaikan kontrak peledakan pada seksi 4A (STA 32+200 S.D STA 33+062,5) yang terbentang dari Cimalaka hingga Legok.

“DAHANA dipercaya oleh PT Wika selaku pemilik proyek untuk mempercepat pembangunan jalan Tol Cisumdawu sejak Agustus 2021, Peledakan pada seksi 4A Tol Cisumdawu memiliki volume lebih kurang 1,5 juta bcm. Dengan tantangan material berlapis (pasir, tanah lunak, dan masif) serta berbagai joint antar bebatuan,” ungkap Wildan.


Wildan menambahkan, pada proses pengerjaan Tol Cisumdawu, DAHANA dituntut melakukan peledakan secara efisien dan meminimalisasi dampak lingkungan. Dengan pengalaman panjang yang dimiliki oleh DAHANA dalam percepatan pembangunan Tol seperti di Aceh serta Trans Sumatera, DAHANA berhasil melewati berbagai macam tantangan yang ada di Tol Cisumdawu.

Selaras dengan Presiden Joko Widodo, ia berharap agar Tol Cisumdawu dapat meningkatkan mobilitas perekonomian warga, baik yang melakukan penerbangan ataupun nanti yang akan bekerja di sekitar Bandara Kertajati. Bagi DAHANA, Tol ini juga sangat strategis karena dekat dengan lokasi perusahaan yang ada di Subang.

“Semoga dengan diresmikannya Tol Cisumdawu, DAHANA dapat meningkatkan kepercayaan dari konsumen untuk pengerjaan proyek-proyek drilling dan blasting di sektor kuari dan konstruksi. Sekali lagi, selamat atas peresmian Tol Cisumdawu, semoga ini menjadi berkah dan manfaat untuk masyarakat,” pungkas Wildan.

 

Pewarta: Agus Hamdan

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Syukuran di Kantor Subdenpom III/4-3 Pandeglang Dalam Rangka Hari Ulangtahun Polisi Militer Angkatan Darat ke 78

Lebak, JMI - Dengan mengusung tema, 'Dedikasi tanpa henti mengabadikan kiprah Polisi Militer TNI Angkatan Darat guna menyon...