WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Suport Agus Suyono S.Kom, Ketua Koordinator BKAD Kec.Godong Selalu Ikut Andil dalam Membantu Mamajukan Kemajuan Kegiatan yang Positif

Agus Suyono Ketua Koirdinator BKAD Kecamatan Godong

GROBOGAN, JMI - BKAD Kecamatan  merupakan badan kerjasama antar desa dalam melaksanakan suatu rangkaian kegiatan bersama antar desa juga pihak ketiga dalam konteks bidang Pemerintahan desa,Pembangunan desa,pembinaan desa,serta pemberdayaan masyarakat.

Koordinator BKAD Kecamatan Godong Kabupaten Grobogan Agus Suyono, S.Kom yang juga menjabat sebagai Sekdes Desa Guyangan saat ditemui awak media dari jurnal media indonesia (JMI) di kantor BKAD ruang kerjanya18-07-2023,menyampaikan bahwa BKAD Kecamatan Godong ini merupakan kelembagaan desa atau organisasi yang didirikan oleh Kepala Desa se Kecamatan Godong dari jumlah 28 orang dengan terbentuknya Permakades Tahun 2021," Terang Agus Suyono.

Selain itu Agus Suyono, S.Kom juga menjelaskan tugas dan tanggung jawabnya sebagai koordinator BKAD diantaranya, "memberikan manajemen pembangunan partisipatif seperti,melakukan dan meningkatkan serta menjembatani terwujudnya penggalian gagasan yang lebih berpihak kepada kebutuhan pengembangan wilayah antar desa, juga diantaranya melaksanskan pelatihan-pelatihan dan memberikan bimbingan secara efektif dan efesien," Ujar Agus Suyono.

Tujuan lain adalah

1. Menciptakan pelatihan kondusif dalam upaya mengembangkan aparatur dan kelembagaan desa yang berakhlak mulia, sehat jasmani rohani, cerdas trampil dan mandiri.

2.Menanamkan semangat kreatifitas krpada aparatur dan kelembagaan desa belajar berkarya dan berinofasi.

3.Melaksanakan pelatihan dan bimbingan secara efektif dan efesien.

4.Menyiapkan SDM berkualitas sesuai dengan tuntutan zaman.

5.Menerapkan model-model pembelajaran atau pelatihan yang aktual.

6.Memenuhi sarana prasarana yang menunjang proses pembelajaran atau pelatihan.


Agus Suyono juga menjelaskan dan menambahkan terkait dengan Bimbingan teknis(Bimtek) Peningkatan Kapasitas  KPMD bersama Bumdes selama dua hari ini di Kabupaten Magelang,sebelumnya kita juga mrngadakan pelatihan khusus Pengurus Bumdes di desa Guci dalam pendampingan mengenai pengelolaan manajemen keuangan Bumdes pada hari Selasa tanggal 11-07-2021," ujarnya.

Sementara pada hari kamis tanggal 13-07-2023 kami bersama KPMD, Bumdes dan Sekdes serta Pendamping desa juga Tim dari Kecamatan melakukan kunjungan atau study banding di Bumdes Graha Mandala di Desa Borobudur Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang.banyak sekali yang kita dapatkan saat kunjungan di Bumdes Graha Mandala, harapan saya selaku koordinator penyelenggara bisa diterapkan di masing-masing Bumdes setelah sering dan rembug bersama membedah keberhasilan Kegiatan Bumdes Graha Mandala. Harap Agus Suyono.

Sementara itu untuk kegiatan malamnya adalah pemaparan dari Kadispermasdes Kabupaten Grobogan Achmad Haryono,SH,Camat Godong Bambang Haryono,SH yang juga sekaligus membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) saya selaku koordinator dan Tim sangat senang melihat dari seluruh peserta yang hadir betul-betul bisa menerima dan memperhatikan dari berbagai penyampaian baik dari Beliau Pak Achmad Haryono,juga Pak Bambang Haryono maupun dari pembimbing materi kegiatan, bagi saya kegiatan seperti ini adalah kegiatan yang positif," Ungkap Agus Suyono.

Kebanggaan tersendiri bagi kami selaku Koordinator BKAD Kecamatan Godong, bilamana dalam penyelenggaraan kegiatan apapun bisa berjalan sesuai dengan rencana dan harapan, suksesnya kegiatan merupakan sebagai bentuk untuk memotivasi kedepannya dengan lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kenyamanan saat mengadakan kegiatan tentunya.

Setiap akan melakukan rencana kegiatan tentunya kami BKAD Kecamatan Godong selalu berkoordinasi dengan Pak Camat selaku atasan dan juga tentunya berkoordinasi dengan Pemkab Grobogan, tinggal pengemasan kegiatan dalam materinya seperti apa dan melibatkan OPD atau Dinas yang membidangi termasuk poin utamanya adalah berkoordinasi dengan Pemerintah  Desa (Pemdes) . jadi semua kegiatan tidak serta merta dari BKAD dan setiap kegiatan tentunya BKAD merujuk dalam segi aspek manfaat," Ujar Agus Suyono.


Koordinator BKAD Agus Suyono,S.Kom juga mengatakan bahwa tugas dan tanggung jawab BKAD setelah terbentuk harus benar-benar mampu melaksanakan apa yang sudah diamanahkan sebagai bukti keseriusan  dalam tujuan awal yaitu untuk meningkatkan pengembangan sosial ekonomi wilayah berbasis pada potensi sumber daya lokal untuk mengurangi kesenjangan dan meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat," Pungkas Agus Suyono.

Tak lupa saat dikonfirnasi awak media JURNAL MEDIA Indonesia (JMI) terkait beberapa kegiatan BKAD selama ini. Camat Godong Bambang Haryono, SH.menyampaikan setahu saya selama ini BKAD sudah banyak memberikan akses kegiatan positif bagi desa-desa yang ada di Kecamatan Godong juga pihak Kecamatan tentunya.terus terang adanya keterbentukan BKAD ini jelas membantu program Pemerintah baik Pusat, Propinsi, Daerah maupun Kecamatan juga desa," Kata Bambang Hr.

Seperti halnya dengan kegiatan barusan ternasuk study banding kunjungan kerja Bumdes, KPMD, Sekdes se-Kecamatan Godong ke Bumdes Graha Mandala.

Desa Borobudur Kabupaten Magelang, Saya selaku Camat Godong mengapresiasi kegiatan tersebut, apalagi tadi ada support langsung dari Pak Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno dan juga Pak Ifan dari Kementrian desa, tentunya kami berharap agar BKAD Kecamatan Godong di bawah koordinator Pak Agus Suyono, S.Kom bisa memberikan yang terbaik dalam menjembatani pertumbuhan, kemajuan desa yang ada di Kecamatan Godong," Pungkas Camat.

 

Pewarta : Heru gun

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Syukuran di Kantor Subdenpom III/4-3 Pandeglang Dalam Rangka Hari Ulangtahun Polisi Militer Angkatan Darat ke 78

Lebak, JMI - Dengan mengusung tema, 'Dedikasi tanpa henti mengabadikan kiprah Polisi Militer TNI Angkatan Darat guna menyon...