WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat Apresiasi Dukungan Revitalisasi Bahasa Daerah di Majalengka

MAJALENGKA, JMI - Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat sangat mengapresiasi atas dukungan dari Pemkab Majalengka melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Majalengka yang telah senantiasa mengawal pelaksanaan revitalisasi bahasa daerah.

"Hari ini dan besok insya allah akan dilaksanakan festival tunas bahasa ibu  tingkat kabupaten. Kami berharap bahwa nanti benar-benar akan kita peroleh bibit-bibit atau tunas-tunas bahasa sunda yang luar biasa dari tujuh jenis lomba untuk dua jenjang yaitu tingkat SD dan SMP dari Kabupaten Majalengka," jelas Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Barat, Herawati, Kamis (12/10/2023).

Herawati mengatakan, bahwa dari tunas-tunas bahasa Sunda jenjang tingkat SD dan SMP yang dihasilkan ini akan mewakili Kabupaten Majalengka di tingkat provinsi nanti.
Ia menyebut, untuk pelaksanaan di Jawa Barat sendiri merupakan tahun ketiga, dilaksanakan sejak tahun 2021. Sementara, pada tahun 2021 baru tiga provinsi yang melaksanakannya, yaitu Provinsi Jawa Barat dengan bahasa Sunda, Jawa Tengah dengan bahasa Jawa dan Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan dengan bahasa Bugis, Makassar, Mandar dan bahasa Toraja.

Herawati menandaskan, bahwa pelaksanaan program badan bahasa di Jawa Barat yang di 27 kabupaten/kota selalu terlaksana dengan baik, serta antusiasme pesertanya juga dinilai signifikan dengan jumlah partisipan revitalisasi bahasa daerah selalu meningkat setiap tahunnya.
Sementara itu,Kepala Dinas Pendidikan Majalengka, Hj. Lilis Yuliasih berharap, bahwa dengan digelarnya festival tunas bahasa ibu ini dapat berdampak positif terhadap generasi muda Majalengka dalam menjaga dan melestarikan bahasa Sunda.

"Mudah-mudahan anak-anak atau para siswa menjadi lebih menyayangi dan melestarikan bahasa Sunda. Di samping itu pelafalan bahasa Sunda yang baik kerap dijadikan penggunaan bahasa komunikasi dalam kehidupan sehari-hari," ungkapnya.

Lilis mengatakan, bahwa revitalisasi bahasa daerah ini merupakan program Merdeka Belajar episode ke-17 yang sudah diluncurkan secara resmi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi pada Februari pada tahun 2022 kemarin. 

Pewarta : Yaya Ruhiyat
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Tahapan Coklit Berakhir, KPU Subang Mencoklit 1.200.596 Pemilih Lanjut Tahapan Berikutnya Persiapan Pilkada 2024

Subang, JMI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang dengan bangga mengumumkan bahwa tahapan pencocokan dan penelitian (c...