WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jelang Akhir Jabatan, Bupati Subang H.Ruhimat Persembahkan UHC Bagi Masyarakat Subang

Subang, JMI - Bupati Subang H. Ruhimat hadir melaksanakan Penandatanganan Rencana Kerja antara Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Sumedang tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Kabupaten Subang dalam rangka Universal Health Coverage, bertempat di Aula Oman Syachroni, Rabu (04/10/2023).

Acara diawali dengan penandatanganan Rencana Kerja antara Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Sumedang tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional bagi Penduduk Kabupaten Subang dalam rangka Universal Health Coverage oleh Bupati Subang dan Deputi Direksi Wilayah V BPJS Kesehatan.

Pada kesempatan tersebut Deputi Direksi Wilayah V BPJS Kesehatan Arief Syaefuddin, SKM.,AA.,CGP.,CHIA menghaturkan terima kasih kepada Bupati Subang H Ruhimat atas komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sehingga Kabupaten Subang mencapai UHC.
"Sejarah bagi Kabupaten Subang. Terima kasih dan apresiasi kepada Pak Bupati karena tidak mudah bagi pemerintah daerah untuk menjamin seluruh warganya menjadi peserta BPJS."ucapnya.

Lebih lanjut,"Arief menambahkan penandatanganan ini merupakan bukti keberpihakan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang di bawah komando Kang Jimat terhadap peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Subang.

"Berkat dukungan penuh dari Pak Bupati Kabupaten Subang berhasil melakukannya sebagai bukti keberpihakan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang kepada masyarakat."paparnya.

Terakhir Arief menjelaskan UHC Kabupaten Subang bersifat non cut off atau tidak ada masa tunggu dalam proses pendaftaran BPJS.
"UHC Kabupaten Subang sebagai non cut off atau tidak ada masa tunggu. Kalau ada masyarakat Subang yang belum terdaftar maka bisa langsung didaftaarkan BPJS dan langsung aktif apabila sakit." Ungkap Arief.

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada Kabupaten Subang sebagai Kabupaten yang mencapai Universal Health Coverage Tahun 2023.

Bupati Subang H Ruhimat dalam  sambutannya  menyampaikan bahwa kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Subang.

"Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten Subang. Jangan sampai terjadi masyarakat membutuhkan pelayanan tapi terkendala."Tuturnya.

Bupati Ruhimat merasa bersyukur atas predikat UHC Kabupaten Subang yang menurutnya merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dalam memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau bagi masyarakat.

"Alhamdulillah akhirnya Kabupaten Subang bisa mencapai UHC. UHC adalah sistem yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu dengan biaya terjangkau. 2 elemen inti yaitu adil dan bermutu serta perlindungan resiko finansial."jelasnya.

Bupati Ruhimat menambahkan untuk meningatkan stakeholder terkait untuk dapat terus mempertahankan predikat UHC Kabupaten Subang agar seluruh masyarakat Kabupaten Subang dapat menikmati pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau.
"Jangan sampai angka UHC di bawah 95% dan harus disiapkan langkah untuk mempertahankannya. Kita sudah 96,49% tetapi kita harus pastikan keaktifan peserta dan harus di atas 75%. Saya ajak seluruh komponen di Kabupaten Subang agar bekerja sama mewujudkan itu semua."harapnya.

Bupati Ruhimat memohon kepada seluruh penyelenggara pelayanan kesehatan di Kabupaten Subang untuk tidak membeda-bedakan masyarakat yang datang berobat demi terwujudnya peningkatan pelayanan kesehatan di Kabupaten Subang.

"Dalam hal pelayanan jangan pilih-pilih. Mudah-mudahan peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat Kabupaten Subang bisa meningkat." Pungkas Bupati Subang H Ruhimat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Deputi Bidang Kepesertaan dan Mutu Layanan Kedeputian Wilayah BPJS Kesehatan, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, para Asisten Daerah, Kepala Kantor BPJS Kabupaten Sumedang, para Kepala OPD, para Camat, Kepala Bagian, anggota TKSK dan para tamu undangan lainnya.

Pewarta : Agus Hamdan
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Prof H Amran Suadi Optimis Kaspudin Nor Lolos Menjadi Dewas KPK

JAKARTA, JMI – Sebanyak 146 calon Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dinyatakan lolos pada seleksi admi...