WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bulog dan PT.PSI Gelar Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi On Farm

Karawang, JMI - Perum Bulog bekerja sama dengan PT. Padi Sehat Indonesia (PT. PSI) menggelar ‘Tanam Padi Bersama dan Kolaborasi on Farm’ berlokasi di Dusun Patengong, Desa Sekarwangi, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat pada hari Selasa (5/3/2024) pagi.

Hadir dalam tanam padi bersama tersebut, Direktur Utama PT. Padi Sehat Indonesia, Aria Junaidi (Abdullah), Direktur Bisnis Perum Bulog, Febby Novita, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang, Edi Suryana, SP, MP, Dandim 0604 yang diwakili Danramil 0403 / Rawamerta, Letda Inf. Encep Sumarna, Ketua Kelompok Tani H. Karsim, Babinsa, Bhabinkamtibmas, unsur Pemerintah Desa Sekarwangi, Kecamatan Rawamerta dan masyarakat petani.




Direktur Bisnis Perum Bulog, Febby Novita mengungkapkan, “Bulog sebagai BUMN Pemerintah mendukung ketahanan pangan nasional salah satunya dengan mengadakan pola kerjasama dalam pembibitan salah satunya yakni PT. Padi Sehat Indonesia (PT. PSI). Dimana Bulog di Kabupaten Karawang memiliki pabrik beras yang namanya Sentra Penggilingan Padi. Kita memerlukan kolaborasi ini dengan penyediaan pembibitan kualitas unggul, pemupukan yang memadai, pengairan yang baik sehingga petani di Karawang lebih sejahtera,” ungkapnya.

“Dengan adanya bibit padi yang unggul dan pola tanam metode maju, jarak antar tanam juga lebih rapat diharapkan menjadi hasil panen yang lebih melimpah,” jelasnya.




Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang, Edi Suryana, SP, MP menambahkan, “Alhamdulillah, ini adalah gerakan percepatan tanam yang disponsori PT. Padi Sehat Indonesia (PSI) dengan Perum Bulog. Dimana, beberapa waktu lalu di beberapa lokasi Kabupaten Karawang disoroti tidak ada beras, hal tersebut tidak benar. Hal tersebut terjadi karena ada sedikit gangguan di saluran air saja, hal ini sudah bisa diatasi dengan pompanisasi,” ungkapnya.

“Dengan adanya gerakan percepatan tanam ini kita memotivasi para petani agar jangan menunggu-nunggu atau memperlambat tanam, kita kemarin terlambat tanam karena adanya el-nino. Alhamdulillah nanti di akhir bulan Maret atau awal April akan Panen Raya di beberapa Kecamatan di Karawang, semoga harganya bisa stabil kembali,” jelasnya.



“Diharapkan dengan gerakan percepatan tanam ini, para petani tidak menunda menanam padi, setelah panen segera tanam lagi, Insha Allah keadaan kembali normal,” pungkasnya.

Mewakili Dandim 0604/ Karawang, Danramil 0403/ Rawamerta, Letda Inf. Encep Sumarna mengapresiasi adanya kolaborasi antara Perum Bulog dan PT. Padi Sehat Indonesia (PSI), “Atas nama Muspika, kami bersama petani dan masyarakat sekitar  mengharapkan kolaborasi ini berjalan terus menerus. Diharapkan hasil padi di Kabupaten Karawang terus meningkat sehingga para petani semakin sejahtera,” tandasnya singkat. 

 

HW/NopI

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Apel Besar dan Halal Bihalal Perumda Air Minum Tirta Rangga Kab.Subang Tahun 2024

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Bertindak sebagai pembina Apel Besar yang bertempat di Halaman Kantor Perumda air minum Tirta R...