WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Dukung Produktivitas Pertanian, Dinas PUTR Majalengka Gencar Optimalisasi Saluran Irigasi

MAJALENGKA, JMI - Dalam upaya menjaga ketersediaan air bagi sektor pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Majalengka melalui bidang Sumber Daya Air (SDA) terus melakukan optimalisasi saluran irigasi di sejumlah daerah.

Menurut Kepala Dinas PUTR Majalengka, H. Agus Tamim, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan pasokan air yang cukup bagi lahan pertanian guna mendukung produktivitas pertanian di wilayah tersebut.

"Salah satu upaya rutin yang kami lakukan adalah pengerjaan babad rumput pada saluran irigasi di beberapa daerah," ungkap Agus Tamim, Jumat (1/3/2024).

Agus menjelaskan bahwa beberapa lokasi pengerjaan babad rumput mencakup saluran irigasi CHR 3 di Daerah Irigasi Ciherang Udik, Desa Indrakila, Kecamatan Sindang, saluran irigasi BSL 16 di Daerah Irigasi Ciherang Hilir, Desa Pasir, Kecamatan Palasah dan saluran irigasi CJR 3 di Daerah Irigasi Cijurey, Desa Salagedang, Kecamatan Sukahaji.

Lebih lanjut, Agus menyatakan bahwa tindakan ini merupakan bagian dari strategi pemeliharaan dan perbaikan infrastruktur irigasi guna memastikan distribusi air yang merata dan efisien ke lahan pertanian.

"Dengan optimalisasi saluran irigasi, kami berharap dapat menciptakan kondisi yang lebih baik bagi petani dalam mengelola lahan pertanian mereka," tambahnya.

Optimalisasi saluran irigasi dipandang sebagai langkah strategis dalam mendukung ketahanan pangan dan pembangunan pertanian yang berkelanjutan di Kabupaten Majalengka.

"Diharapkan, upaya ini akan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan produktivitas pertanian serta kesejahteraan masyarakat petani di wilayah tersebut," pungkasnya. 


Pewarta : Yaya Ruhiyat
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Apel Besar dan Halal Bihalal Perumda Air Minum Tirta Rangga Kab.Subang Tahun 2024

Subang, JMI - Pj. Bupati Subang Bertindak sebagai pembina Apel Besar yang bertempat di Halaman Kantor Perumda air minum Tirta R...