WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Saat Ahok Membandingkan Gaji Pengemudi TransJ lebih Besar dari Sopir Taksi

Jakarta, JMI - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyayangkan ratusan sopir taksi mau diperalat oleh perusahaan untuk demonstrasi menuntut layanan transportasi online ditutup. Apalagi demo yang digelar pada Selasa kemarin itu sempat diwarnai aksi ricuh di sejumlah titik.

Ahok mengingatkan bahwa demontrasi yang digelar kemarin hanya menguntungkan bos-bos perusahaan taksi. Sementara bagi para sopir, tak ada kenaikan pendapatan. Dia kemudian membandingkan pendapatan yang diterima oleh sopir taksi dengan gaji pengemudi TransJakarta.

"Saya minta sopir taksi jangan bodoh dan diperalat. Berapa banyak sopir taksi yang kaya raya? Masih lebih mahal (gaji) sopir bus DKI dibanding penghasilan sopir taksi," kata kata Ahok ketika ditemui di Kantor Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (23/3/2016).

Kondisi sopir taksi di sejumlah perusahaan saat ini, kata Ahok, cukup memprihatinkan. Gaji mereka minim dan bahkan ada yang di bawah Upah Minimum Provinsi DKI Jakarta yang sebesar Rp 3,1 juta. Dengan haji minim tersebut, tak semua sopir taksi mendapatkan asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Sementara gaji sopir bus TransJakarta untuk kategori bus single bisa mencapai Rp 6,2 juta dan Rp 9,3 juta untuk sopir bus gandeng. Dengan perbandingan tersebut, Ahok menawarkan sopir taksi gabung ke TransJ.

Armada bus TransJakarta menurutnya bakal segera datang sehingga dibutuhkan banyak pengemudi baru. "Bus saya akan datang banyak," kata Ahok.

Bukan cuma gaji tinggi, Ahok juga menawarkan beberapa tunjangan lain. "Saya jamin pendidikan dan kesehatan kami tanggung. Kami lagi menyiapkan perumahan, transportasi. Kamu (sopir) bisa duduk baik kok," katanya.


(dtk/red)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Bupati Aep Hadiri Member Gathering APINDO Kabupaten Karawang

Karawang, JMI - Bupati Karawang H. Aep Syaepuloh menghadiri gelaran Member's Gathering Strategy Employee Engagement dalam P...