WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kanselir Jerman Bertemu Presiden Jokowi BahasTentang Hukuman Mati

Senin 18 April 2016 | 23:00 WIB
Pertemuan Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman Angela Merkel © 2016
Berlin, JMI - Presiden Joko Widodo mengadakan kunjungan kenegaraan dengan Kanselir Angela Merkel di Berlin, Jerman. Dalam jumpa pers usai pertemuan, mencuat pertanyaan tentang pro kontra penerapan hukuman mati bagi narapidana.

Pertanyaan itu diajukan oleh salah seorang wartawan Jerman yang mempertanyakan apakah hukuman mati turut dibahas dalam pertemuan tertutup antara Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman.

"Kami bicara secara umum mengenai Hak Asasi Manusia dan lebih intensif mengenai Papua dan Aceh, tidak bicara hukuman mati," jawab Kanselir Angela Merkel dalam jumpa pers bersama Jokowi di kantor Kanselir Jerman, Berlin, Senin (18/4/2016).

Meski begitu, terkait hukuman mati Merkel mengatakan Jerman sudah tegas dan diketahui umum menolak penerapan hukuman mati. Dalam beberapa kali kasus, Jerman mengatakan kecaman atas hukuman mati.

"Jerman menolak hukuman mati dan kami harap diusahakan di Indonesia juga tidak dilaksanakan," ujar Merkel.

Sementara itu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa hukum postif di Indonesia masih mengatur tentang hukuman mati. Salah satunya untuk menghukum narapidana dalam kasus narkoba.

"Indonesia saat ini hidup dalam situasi darurat narkoba. Perlu diketahui 30-50 orang mati setiap hari di Indonesia (karena narkoba)," ujar Jokowi.

"Implementasi hukuman mati dilaksanakan sangat hati-hati dan hak hukum terpidana juga terpenuhi," tegasnya.

(dtk/JMI/red)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukung Produktivitas Pertanian, Dinas PUTR Majalengka Gencar Optimalisasi Saluran Irigasi

MAJALENGKA, JMI - Dalam upaya menjaga ketersediaan air bagi sektor pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupat...