WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Tuntutan Buruh May Day 2016

Minggu 1 Mei 2016  | 20:20 WIB
Para Buruh Berunjuk Rasa untuk memperingati hari buruh sedunia |FOTO : FAISAL 6444 © JMI 2016
Jakarta, JMI - Hari buruh adalah hari perayaan keberhasilan dan andil para pekerja dan buruh atas kemajuan ekonomi dan sosial di seluruh dunia. Hari buruh juga sering disebut sebagai May day karena selalu dirayakan pada tanggal 1 Mei setiap tahunnya. Tahun ini hari buruh jatuh pada hari Minggu tanggal 1 Mei 2016.

Sebelumnya Sekretaris Jendral Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia( KSPI ) M Rusdi memprediksi tidak kurang dari satu juta buruh di seluruh penjuru Tanah Air akan memperingati Hari Buruh Internasional melalui aksi yang dipusatkan di kantor-kantor gubernur dan wali kota saat jumpa pers kemarin, jumat(29/4/16).

Buruh Berorasi di gedung Makamah Agung, Jakarta
Hari ini, Minggu (1/5/16) Sekitar kurang dari 3 ribu buruh se-Jakarta dan Tangerang (yang rencananya 150 ribu buruh dikerahkan se-Jabotabek ) melakukan aksi long march dari depan Istana Negara menuju Stadion Utama GBK (Gelora Bung Karno) untuk memperingati Hari Buruh Internasional.

Pada hari buruh ini, adalah waktu yang tepat untuk memberikan kritik dan protes kepada pemerintah atas beberapa kebijakan yang tidak memihak pada kaum buruh dan lebih memilih kaum kapitalis. Sistem kerja kontrak misalnya yang sangat merugikan kaum buruh karena sistem kerja tersebut lebih berpihak kepada perusahaan. Ironisnya, banyak kaum buruh yang belum mendapat kehidupan yang layak. Padahal jika kita melihat fakta, kaum buruh tersebut sudah bekerja keras untuk membesarkan perusahaan.

Dalam peringatan Hari Buruh 2016, massa buruh menyuarakan sejumlah isu utama yaitu Cabut PP 78/2015 – Tolak upah murah – Naikkan upah min 2017 Rp 650 ribu; Stop kriminalisasi buruh – Stop PHK ; Tiga Tolak, yaitu Tolak reklamasi teluk jakarta – Tolak penggusuran – Tolak RUU tax amnesty; serta Deklarasi ORMAS Buruh serempak di 32 propinsi 250 kab/kota sbg alat perjuangan politik kaum buruh ke depan.

Masuknya isu reklamasi teluk Jakarta dan penggusuran dalam aksi buruh diperingatan May Day kali ini karena buruh menganggap maraknya penggusuran dan reklamasi teluk Jakarta menyengsarakan orang kecil dan buruh informal.

(Faisal 6444/red)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Laka Kerja di Sukabumi, Korban Buat Surat Pernyataan Dengan Pihak Perusahaan

SUKABUMI, JMI - Satu Orang Buruh Alami Laka Kerja Diketahui Bekerja di   PT. Aneka Dasuib Jaya Yang Beralamat di Jln Raya Pakuwon Km 5 Rt...