WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Kegiatan pendidikan di Ternate diliburkan

KAMIS 04 AGUSTUS 2016 | 15:19 WIB
ilustrasi
Ternate, JMI - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mengeluarkan pemberitahuan ke seluruh sekolah di Ternate untuk meliburkan siswanya akibat letusan Gunung Gamalama.

"Disdik telah sampaikan pemberitahuan ke seluruh sekolah untuk liburkan sementara siswanya, karena dampak abu vulkanik Gunung Gamalama sangat berbahaya dan mengganggu kesehatan siswa saat berada di sekolah," kata Kepala Disdik Kota Ternate, Muhdar Din, di Ternate, Kamis.

Dia menyatakan, untuk batas libur belum dipastikan, karena harus disesuaikan dengan perkembangan dan kondisi terkini aktivitas Gunung Gamalama.

Selain itu, Disdik Ternate lebih memprioritaskan kepada sekolah untuk meliburkan siswanya yang terkena dampak abu vulkanik letusan Gunung Gamalama di kawasan Kecamatan Ternate Tengah dan Ternate Utara.

Kondisi serupa juga dilakukan sejumlah sekolah di wilayah Ternate Selatan dan Pulau Ternate, walaupun tidak terkena dampak abu vulkanik letusan Gunung Gamalama, namun siswanya terpaksa dipulangkan, karena khawatir terjadinya letusan susulan dan berdampak pada wilayah mereka.

Salah seorang guru disekolah dasar (SD) Afetaduma, Ruslan, ketika dihubungi mengakui bahwa pihaknya terpaksa memulangkan seluruh siswanya ke orang tua, karena khawatir adanya letusan susulan yang berdampak hingga ke wilayah Ternate Pulau.

"Kebijakan ini dilakukan agar siswa tidak terjebak akibat abu vulkanik letusan Gamalama yang masih aktif dengan mengembalikan siswa ke orang tuannya," kata Ruslan.

Sementara itu, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman ketika dihubungi menyatakan telah membantu mengerahkan seluruh pemadam kebakaran untuk membersihkan landasan pacu Bandar Udara Sultan Babullah, karena merupakan objek vital yang sangat strategis.

Menurut dia, Pemkot Ternate akan selalu membantu pihak otoritas Bandara Babullah Ternate, sehingga pelayanan masyarakat untuk menggunakan transportasi udara dari dan ke Kota Ternate bisa terpenuhi.

Ia pun menambahkan, saat ini pihaknya membuka pusat koordinasi dan informasi mengenai aktivitas Gunung Api Gamalama di Pemerintahan Kota Ternate.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Polres Bogor Melayani Langsung Masyarakat di Jum'at Curhat

Kab Bogor. JMI - Dalam acara rutin "Jum'at Curhat" di Polres Bogor, 23 Februari 2024 mulai pukul 08.30 sd selesai, warga ma...