WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

70 Persen makam fiktif di Jakarta sudah dibongkar

SENIN 05 SEPTEMBER 2016 | 10:17 WIB
Makam Fiktif yang ada di TPU Karet Bivak
Jakarta, JMI - Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta terus melakukan pembongkaran sebagai tindak lanjut dari temuan sejumlah makam fiktif di Provinsi DKI Jakarta. Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Djafar Muchlisin mengatakan, sejauh ini telah dibongkar 307 makam dari total sebanyak 439 makam yang terindikasi fiktif di lima wilayah Kota Administrasi DKI Jakarta.

"Secara statistik jumlah terbanyak makam fiktif ditemukan di Jakarta Barat dengan total 199 makam dan 183 di antaranya sudah berhasil dibongkar. Penemuan terbanyak berada di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur Kristen sebanyak 176 makam," katanya di Jakarta, Senin (5/9).

Sementara itu, di wilayah Jakarta Selatan ditemukan 103 makam fiktif dengan jumlah 63 makam sudah dibongkar. Di wilayah Jakarta Pusat total ditemukan 70 makam dan sudah dibongkar sebanyak 28 makam, sementara Jakarta Timur terindikasi 57 makam fiktif yang 33 di antaranya sudah dibongkar. Jumlah paling minim adalah Jakarta Utara yaitu 10 makam fiktif.

Djafar menambahkan, kini pekerjaan pembongkaran masih terus dilakukan sebagai penegakan Peraturan Daerah DKI Jakarta No 3 Tahun 2007 mengenai Pemakaman. Kasus-kasus yang terjadi selama ini yaitu adanya Izin Penggunaan Tanah Makam (IPTM) yang disalahgunakan. Sedangkan secara spesifik pada pasal 37 disebutkan bahwa petak tanah makam hanya diperuntukan bagi jenazah atau kerangka dan tidak diperbolehkan untuk pesanan persediaan bagi orang yang belum meninggal dunia.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Prof H Amran Suadi Optimis Kaspudin Nor Lolos Menjadi Dewas KPK

JAKARTA, JMI – Sebanyak 146 calon Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dinyatakan lolos pada seleksi admi...