WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Jalan Cengkeh Akan Dibangun seperti "Rest Area"



SENIN 05 SEPTEMBER 2016 | 13:41 WIB
 
Para pedagang kaki lima (PKL) di Kawasan Kota Tua, Tamansari, Jakarta Barat, sudah pindah ke Jalan Cengkeh dan mulai menata barang dagangannya, Senin (5/9/2016). foto Nursita Sari
Jakarta, Jurnalmediaindonesia.com - Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Perdagangan (KUMKMP) Irwandi mengatakan, kawasan di Jalan Cengkeh, Tamansari, Jakarta Barat, akan dibangun seperti tempat beristirahat dengan beberapa fasilitas pendukung. Semua pedagang kaki lima (PKL) Kawasan Kota Tua dan parkir akan ditempatkan di sana.

"Kita bikin kayak rest area nanti. Ada tempat makan, parkir. Bus (rombongan) nanti kalau turun harus di sana," ujar Irwandi di Kawasan Kota Tua, Senin (5/9/2016).

Menurut Irwandi, masterplan untuk pembangunan di Jalan Cengkeh pun sudah disiapkan. Para PKL yang semula berjualan di Kawasan Kota Tua pun dipindahkan ke sana pada Senin (5/9/2016). Dinas KUMKMP sudah menyiapkan 72 tenda untuk para pedagang.

"Di dalam Taman Fatahillah tidak ada PKL lagi biar Kota Tua revitalisasinya enggak percuma. Sekarang ada 72 tenda di Jalan Cengkeh, kita mau tambah 100 tenda lagi," kata dia.

Irwandi menuturkan, pembangunan di Jalan Cengkeh rencananya akan dilakukan dalam tiga bulan mendatang. Nantinya, tempat berjualan untuk para PKL akan diperbaiki dan tidak hanya menggunakan tenda.

"Semipermanen tapi bagus, enggak tenda. Kayak semacam kanopi, tapi yang bagus," ucap Irwandi.

Pemusatan PKL dan lahan parkir di Jalan Cengkeh merupakan strategi agar para pedagang tidak sepi pembeli. Para pengunjung Kota Tua yang menggunakan kendaraan pribadi akan berjalan dari Jalan Cengkeh menuju Kawasan Kota Tua sehingga para PKL tidak akan kehilangan penghasilan mereka.

Selain itu, PKL dan tempat parkir itu juga dipindahkan agar Kawasan Kota Tua steril dan para pengunjung akan nyaman berwisata di sana. (Kompas/red)
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dandim 0607/Kota Sukabumi Hadiri Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat Kota Sukabumi

SUKABUMI, JMI - Telah Dilaksanakan Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat  Kota Sukabumi, D...