WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

WN Malaysia Otak Penipuan Paspor 177 Calon Jemaah Haji

SENIN 05 SEPTEMBER 2016 | 16:11 WIB
Sebagian dari 177 jemaah haji Indonesia yang menggunakan dokumen palsu, paspor Filipina, berurusan dengan aparat keamanan negara itu pada Jumat (19/8/2016). Pada Sabtu (20/8/.2016) mereka diinterogasi oleh Otoritas Imigrasi Filipina.



Jakarta, Jurnalmediaindonesia.com - Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Agus Andrianto mengatakan, satu dari lima tersangka yang sudah ditetapkan oleh otoritas Filipina adalah warga negara Malaysia berinisial HR. Ia diketahui memiliki dua paspor, yakni paspor Malaysia dan Filipina.
"Sementara yang menjadi pucuk dari semua kejadian ini ya dia," ujar Agus di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (5/9/2016).
Agus mengatakan, WN Malaysia tersebut sudah beberapa kali meloloskan calon jemaah haji melalui Filipina. Jadi, kejadian yang menimpa 177 calon jemaah haji itu bukan kali pertama dilakukan.
"Ada beberapa saksi yang berkata begitu," kata Agus.
Sementara empat tersangka lainnya merupakan warga negara Filipina dan sudah ditahan di sana. Selain di Filipina, di Indonesia juga tengah dilakukan penyidikan oleh Bareskrim Polri. Bahkan, kata Agus, pihaknya telah menyasar lima orang dari travel pemberangkatan haji sebagai calon tersangka.
"Sementara untuk perorangan apakah dia menerima keuntungan atau tidak nanti akan dilihat," kata Agus.
Agustus lalu, pemerintah Filipina menahan 177 WNI yang hendak pergi haji menggunakan paspor palsu. Dari 177 WNI, 168 WNI telah dipulangkan ke Tanah Air pada Minggu (4/9/2016).
Sembilan WNI lainnya masih berdiam di Filipina untuk dimintai keterangan terkait kasus pemalsuan paspor yang diusut di sana.
Keberangkatan 177 WNI tersebut menggunakan kuota haji Filipina yang tidak terpakai.
Ada tujuh agensi yang terlibat dalam pemberangkatan seluruh calon haji asal Indonesia itu yakni PT Taskiah, PT Aulad Amin, PT Aulad Amin Tours Makassar, Travel Shafwa Makassar, Travel Hade El Barde, KBIH Arafah, KBIH Arafah Pandaan.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dukung Produktivitas Pertanian, Dinas PUTR Majalengka Gencar Optimalisasi Saluran Irigasi

MAJALENGKA, JMI - Dalam upaya menjaga ketersediaan air bagi sektor pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupat...