WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Wisata Gua Randa Pangandaran Bukan Tempat Pesugihan!


Pangandaran JMI, 
Gua Gunung Randa di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran memiliki keunikan dari Gua lainnya. Gua yang disebut-sebut mampu menghasilkan suara yang unik, juga kerap didatangi oleh peziarah.

Adapun niat untuk berziarah ke Gua Gunung Panggung sudah bukan untuk wisata namun banyak diantaranya untuk mendoakan orang terdahulu yang meninggal dunia, meminta dagangan laku hingga kekayaan.

Kepala Desa Masawah Ukan mengatakan jika Gua Gunung Randa memang memiliki kisah yang tak biasa.

"Orang tua di kampung kami pernah bercerita bahwa Gua Randa sempat menjadi tempat singgahnya para wali," kata Ukan belum lama ini.

Menurutnya kabar itulah yang mungkin menjadi faktor para peziarah melakukan kunjungan ke Gua Randa. "Biasanya didatangi para peziarah itu saat datangnya bulan Maulud atau Maulid Nabi," katanya.

Ia mengatakan karena beberapa waktu lalu sempat ramai menjadi lokasi meminta-minta bagi orang yang ingin cepat kaya ataupun permintaan tidak masuk akal lainnya.

"Maka kami sampai saat ini belum gencar promosi secara terbuka, karena masih banyak orang yang berstigma kepada hal yang musyrik," ucapnya.

Kendati demikian, pihak pemerintah desa setempat akan menyiapkan langkah-langkah untuk pengembangan wisata Gua Randa.

"Agar cukup menjadi wisata alam saja tidak yang lain," katanya.

Ketua Lembaga Adat Pangandaran Erik Krisna Yudha mengatakan memang Gua Randa menjadi tempat favorit para peziarah dengan berbagai niatan. "Niatnya beda-beda tentu orang yang ditunjukan memiliki doa yang berbeda," kata Erik.

Ia mengatakan Gua Randa menjadi salah satu tempat yang sering didatangi para seniman musik. "Ya dengan tujuan agar sering manggung dan banyak yang order. Mungkin masih percaya pada hal-hal seperti itu," katanya.


dtk/zr/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Baksos dan Donor Darah Peringati HUT KCK Ke-78 Persit KCK Cabang Kodim 0607/Kota Sukabumi

SUKABUMI, JMI - Dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) yang ke-78, Persit KCK Cabang XVII Kodi...