WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

50 Orang Tewas Akibat Bentrokan Antaretnis di India


India JMI
- Kekerasan antaretnis terjadi di negara bagian Manipur, India. Sedikitnya 50 orang tewas dan ratusan orang lainnya dirawat di rumah sakit, akibat bentrokan antarkelompok etnis Kuki dan Meitei.


Mengutip dari lansiran CNN, Senin (8/5/2023), sejumlah pejabat rumah sakit kota Imphal -- ibu kota negara bagian Manipur -- menuturkan bahwa sedikitnya 55 orang tewas dan sebanyak 260 orang lainnya dirawat di rumah sakit sejak rentetan tindak kekerasan bentrokan terjadi.

Militer India, dalam pernyataan terpisah, menyebut 23.000 warga sipil melarikan diri dari bentrokan yang terjadi, dengan beberapa orang ditampung di pangkalan-pangkalan militer dan garnisun yang ada di negara bagian itu.

Menurut para pejabat di beberapa rumah sakit di kota Imphal, seperti Institut Ilmu Kedokteran Regional, Institut Ilmu Kedokteran Jawaharlal Nehru dan Rumah Sakit Distrik Churachandpur, luka tembak menjadi cedera paling umum di antara korban tindak kekerasan antaretnis itu.

"Sebagian besar pasien datang dengan luka tembak parah atau terkena pukulan di kepala dengan lathi (tongkat)," tutur Dr Mang Hatzow dari Rumah Sakit Distrik Churachandpur saat berbicara kepada CNN.

Sejumlah foto dan video yang ditayangkan televisi lokal menunjukkan kendaraan-kendaraan dan gedung-gedung terbakar, dengan asap hitam pekat menjulang ke udara dari jalanan setempat.

Tentara India telah dikerahkan ke jalanan untuk membantu meredakan situasi, sementara akses internet seluler dipadamkan selama lima hari.


CNN/JMI/Red.
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Syukuran di Kantor Subdenpom III/4-3 Pandeglang Dalam Rangka Hari Ulangtahun Polisi Militer Angkatan Darat ke 78

Lebak, JMI - Dengan mengusung tema, 'Dedikasi tanpa henti mengabadikan kiprah Polisi Militer TNI Angkatan Darat guna menyon...