WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

500 Pemuda Sumut Resmi Ikuti Latsarmil Komcad 2023 di Rindam I/BB


Pematangsiantar JMI
, Sebanyak 500 pemuda asal Sumatera Utara resmi mengikuti Latihan Dasar Militer (Latsarmil) Komponen Cadangan (Komcad) TA 2023 melalui upacara yang digelar di Resimen Induk Kodam I/Bukit Barisan, Pematangsiantar, Senin (8/5/2023). 

Upacara yang dipimpin langsung oleh Pangdam I/BB, Mayjen TNI A Daniel Chardin, SE, MSi, ini juga dihadiri Danrem 022/PT, Danrem 023/KS Danrindam I/BB, para Asisten Kasdam I/BB, unsur Forkopimda dan pihak terkait lainnya.

Pangdam I/BB yang membacakan amanat Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto menyampaikan apresiasi dan bangga kepada 500 orang asal Sumut yang merupakan bagian dari 2.500 orang secara nasional yang telah dinyatakan lulus seleksi dan bergabung menjadi anggota Komponen Cadangan. 

"Ini adalah wujud bela negara yang saudara-saudara lakukan untuk Tanah Air Indonesia. Karena bela negara tidak hanya menjadi tanggung jawab Kemhan dan TNI saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh komponen bangsa, termasuk saudara-saudara sekalian," ucap Pangdam. 

Pembentukan Komponen Cadangan merupakan salah satu penerapan strategi Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) yang dianut Indonesia.


Sistem ini diyakini mampu menangkal segala bentuk ancaman yang mungkin terjadi, yakni dengan melibatkan seluruh komponen bangsa untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Komponen Cadangan bersifat sukarela (voluntary) dengan rekrutmen melalui pendaftaran/aplikasi yang bersumber dari ASN Kemhan/TNI/Pemda/Instansi/Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, pegawai BUMN/swasta, maupun warga lainnya.

"Komponen Cadangan yang merupakan subsistem pertahanan negara, harus dipersiapkan sejak dini. Hal ini dimaksudkan agar pada saat dibutuhkan, saudara-saudara mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama (TNI),” pungkas Pangdam. 

Sampai tahun 2022 lalu, Kemhan RI telah berhasil memiliki Komponen Cadangan sebanyak 6.077 orang. 

Di Tahun 2023 ini, Kemhan RI kembali menambah jumlah Komponen Cadangan sebanyak 2.500 orang dari Matra Darat, Laut dan Udara. 

Dari Matra Darat, yakni Rindam I/BB 500 orang, Kodam XII/Mdk 300 orang, Kodam IX/Udy 500 orang, dan Kodam XVIII/Ksr 500 orang.

Kemudian Matra Laut dari Komando Pendidikan Marinir sebanyak 500 orang, dan Matra Udara dari Wingdik 800/Pasgat sebanyak 500 orang. 


Faisal 6444/Red/JMI


This article was published in beritatrans.com with the title "Menparekraf Sebut ATM Dubai 2023 Hasilkan Potensi 58.958 Pax Transaksi, Ada Kerja Sama dengan Emirates Airline". Click to read: https://www.beritatrans.com/artikel/238093/Menparekraf-Sebut-ATM-Dubai-2023-Hasilkan-Potensi-58958-Pax-Transaksi-Ada-Kerja-Sama-dengan-Emirates-Airline/.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

SMAN Darmaraja Menjadi Sekolah Idola

SUMEDANG, JMI - Pelaksanaan PPDB Tahun ajaran 2024 - 2025 di Sekolah menengah atas negeri Darmaraja untuk jalur prioritas terde...