WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

BLT DD Tahap ll 2023 di Serahkan Langsung Kakon Sinarsemendo

TANGGAMUS, JMI - Pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) tahap  II Pekon Sinarsemendo, Kecamatan Talangpadang, Kabupaten Tanggamus bulan April, Mei dan Juni  sebesar 900.000 per KPM di serahkan langsung oleh Kakon Yulistina Heryanti, S.Pd, kegiatan berlangsung di Balai Pekon setempat, Senin, (26/06/23).

Penyerahan tersebut dihadiri Kasi Pembangunan Kecamatan Talangpadang, Sri Ordanela, Pendamping Desa, Arif, Pendamping Lokal Desa (PLD), Nardi, Bhabinsa Koramil Talangpadang, Serka Nazwardi, Bhabinkamtibmas Polsek Talangpadang, Serka Andri dan seluruh Aparatur Pekon Sinarsemendo. 

BLT DD ini mengacu pada program pemerintah dalam pencepatan penghapusan miskin ekstrim yang di atur pada Pasal 36 Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 201/PMK.07/2022 tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2023.

Calon keluarga, penerima manfaat BLT Desa sebagaimana dimaksud dalam Pasal 35 huruf a diprioritaskan keluarga miskin yang berdomisili di Desa bersangkutan dan terdaftar dalam keluarga desil 1 data pensasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim.

Dalam sambutannya, Yulistina menjelaskan jumlah KPM tahun ini jauh berkurang  dari tahun lalu, bukan karena di pilah pilih tapi  sesuai aturan, Pekon hanya menganggarkan 10 sampai 25% saja dari Dana Desa, berbeda dari tahun lalu.

"Saya berharap kepada penerima manfaat (KPM), agar bantuan yang di terima betul-betul bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sesuai dengan  kriteria penerima manfaat, jangan sampai untuk penderita penyakit menahun tidak bisa berobat, uang yang diterima hari ini bisa lebih di prioritaskan untuk berobat," katanya. 

Lanjutnya dari hasil musyawarah,  warga yang mendapat bantuan BLT DD tahun ini sebanyak 21 orang, menyasar pada  kriteria lansia tunggal, warga miskin yang kehilangan pendapatan penghasilan tetap, disabilitas dan penderita penyakit menahun.

Dikesempatan yang sama, Sri Ordanela selaku Kasi Pembangunan mewakili Plt Camat Talangpadang, Ubaidillah juga menegaskan pada penerima manfaat agar bisa memanfaatkan uang yang diterima bisa dibelanjakan sesuai kebutuhan sekala prioritas, jangan sampai di habiskan untuk hal-hal yang tidak penting, apalagi saat ini akan menghadapi Hari Raya Idul Adha.

Salah satu penerima manfaat Suniar, warga setempat berstatus janda anak 5 saat ditemui, dia sangat merasa bersyukur dan terbantu dengan adanya BLT DD, terlebih ia adalah tulang punggung dalam keluarganya.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintahan Pekon Sinarsemendo, sebagai penerima manfaat saya berjanji uang  yang diterima hari ini  akan dibelanjakan untuk membeli sepatu, buku dan seragam sekolah guna kebutuhan anak sekolah," tuturnya.

Elly/JMI/RED
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Rapat Paripurna DPRD, Pj.Bupati Subang Sampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2023

Subang, JMI - Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Subang dengan agenda Penyampa...