WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Gerakan Pangan Murah di Kab Grobogan Dinas Ketahanan Pangan Gandeng Bappenas dan Bulog Jateng

GROBOGAN, JMI - Pemerintah Kabupaten Grobogan melalui Dinas Ketahanan Pangan, menggandeng Dinas Ketahanan Provinsi Jawa Tengah dan Bappenas, dalam melaksanakan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yaiitu dalam rangka stabilitas pasokan dan harga pangan memasuki Hari Besar Keagamaan dan Idul Adha 1444 H Tahun 2023,kegiatan berlangsung di Halaman Pendopo Kantor Kecamatan Gubug pada hari Selasa, 06/06/2023.

Kegiatan GPM tersebut juga digelar berbagai Stand Penjualan Produk Hasil Petani Lokal dan Stand UMKM dari berbagai daerah.

Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 Wib hingga selesai, dihadiri Wakil Bappenas, Kepala Dinas Ketahan Pangan Propinsi Jawa Tengah(Ir.Dyah Lukisari,M,Si) Kepala Dishanpan Propinsi Jawa Tengah (Dr Ja Puter Sinaga) Asisten II Heru Dwi Cahyono, Amin Nur Hatta, S.Sos Selaku Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Grobogan bersama Sekretaris Dinas Kukuh.R, Camat Gubug Bambang Supriyadi, S.Sos, Sekcam Gubug Wahyuningrum,Kepala Desa Se- Kecamatan Gubug, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UMKM, dan Bulog Jawa tengah.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Grobogan, Amin Nur Hatta, S.Sos menyampaikan bahwa menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok di tingkat produsen juga konsumen itu sangat diperlukan, meningkatkan akses pasar bagi produsen pangan pokok, serta kemudahan akses bahan pangan bagi konsumen dengan harga wajar, serta membangun jaringan distribusi pangan untuk memudahkan stabilisasi pasokan dan harga pangan ditingkat konsumen adalah tujuan dari berlangsungnya Gerakan Pangan Murah ini,” jelasnya


Selain itu komoditas yang disediakan meliputi beras medium dan premium, telor ayam ras, bawang merah lokal, bawang lokal, cabe merah kriting, cabe rawit merah, minyak goreng, gula pasir, tepung terigu, daging ayam, daging kerbau, aneka olahan ikan, dan produk hasil kelompok dari seluruh kecamatan di Kabupaten Grobogan, tegas Amin.

Amin Nur Hatta juga menjelaskan, GPM ini merupakan tindak lanjut dari Program Badan Pangan Nasional yang akan berlangsung nantinya. Sekaligus peran Bulog yakni memberi kebijakan terhadap Gapoktan maupun Poktan agar produsen beras, cabe, bawang merah, bawang putih, dan telor ayam ras, serta PRIMA adalah mitra-mitra yang ikut dalam pelaksanaan kegiatan GPM, imbuhnya.

Dikesempatan yang sama, salah seorang konsumen Warga Gubug Ruroh (45) mengungkapkan, GPM tersebut sangat membantu masyarakat kecil dalam pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari.

Untuk itu, dirinya berharap kedepannya agar kegiatan tersebut bisa dilaksanakan setiap hari dan harga yang diberikan juga lebih rendah dari harga pasaran.

Peran Pemerintah adalah membantu masyarakat kecil, tapi harganya kalau bisa agak diturunkan sedikit, karena harga ini hampir sama dengan harga umum. Tapi ada jenis komoditas yang murah seperti minyak dan telor, kalau bisa diterapkan setiap harinya, ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Heru Dwi Cahyono Selaku Asisten II Bupati Grobogan, bahwa sebagai salah satu program yang dijalankan untuk menjaga stabilitas harga diperlukan langkah terukur. Pelaksanan GPM dan prinsipnya adalah program yang kita fasilitasi dan siapkan untuk bisa terlaksana sepanjang tahun. Mengingat perannya yakni sebagai instrumen pengendali harga dan inflasi pangan.


Khusus setiap menjelang HBKN kita akan tambah intensitas pelaksanaannya seperti jelang dan saat Idul Adha 1444 H Tahun ini, yang pasti kita tegasnya.

Lebih lanjut Heru Dwi Cahyono menjelaskan, GPM merupakan operasi pasar murah yang menyediakan berbagai kebutuhan pangan pokok dengan harga terjangkau. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga keterjangkauan harga pangan, meningkatkankan harga beli masyarakat, serta mengendalikan inflasi Perdagangan daerah.

Sementara itu Camat Gubug,Bambang Supryadi S. Sos,menyampaikan bahwa kegiatan hari ini kita hanya memfasilitasi tempat pelaksanaan kegiatan,semua sudah dari Pusat yaitu Bappenas dan Dinas Propinsi, yang jelas kami sangat berterimakasih baik Pemerintah Pusat, Propinsi juga Daerah dan kami berharap agar program ini benar -benar dirasakan masyarakat terutama masyarakat kecil kurang mampu. Pungkas Camat Gubug

 

Pewarta: Heru gun
Editor: Saddam Alkhadafi

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Dandim 0607/Kota Sukabumi Hadiri Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat Kota Sukabumi

SUKABUMI, JMI - Telah Dilaksanakan Kegiatan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan Berkelanjutan Tahun 2024 Tingkat  Kota Sukabumi, D...