WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Pemkab Majalengka Bangun TPT Untuk Tingkatkan Keamanan dan Kualitas Infrastruktur

 

MAJALENGKA, JMI - Pemerintah Kabupaten Majalengka (Pemkab Majalengka)telah mengambil langkah signifikan dalam meningkatkan kualitas infrastruktur di wilayahnya.

Pekerjaan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) dan drainase jalan di tiga titik ruas Kecamatan Talaga Sukapancar - Sarimanik - Gunungmanik telah berhasil diselesaikan. Dalam pelaksanaannya, proyek ini diawasi oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Majalengka.

Kepala Dinas PUTR Majalengka, H. Agus Tamim menyebutkan, proyek ini merupakan bagian dari kegiatan belanja modal jalan kabupaten serta kegiatan penyelenggaraan jalan kabupaten/kota.

"Pembangunan TPT memiliki fungsi yang sangat penting dalam memitigasi erosi dan longsor yang dapat terjadi akibat tekanan air tanah dan curah hujan yang tinggi," jelas Agus Tamim, Kamis (31/8/2023).

Lebih lanjut Agus memaparkan, bahwa TPT mampu menjaga stabilitas lereng dan menghindarkan tanah dari longsoran, sehingga dapat memastikan keselamatan jalan dan bangunan sekitarnya.

Selain itu, imbuhnya, pembangunan drainase jalan juga berperan dalam mengurangi genangan air di jalan serta menjaga kestabilan permukaan jalan.

"Untuk total biaya proyek pembangunan TPT/drainase jalan ini, Pemkab Majalengka telah mengalokasikan pagu anggaran sebesar Rp.318.690.000 yang bersumber dari DAU tahun anggaran 2023," jelas Agus.

Pengerjaan proyek ini dipercayakan kepada penyedia jasa CV. Altar Raya Sarana, dengan kontrak waktu pengerjaan yang direncanakan selama 120 hari kerja.

Agus lalu mengemukakan tujuan dari pembangunan ini adalah meningkatkan infrastruktur jalan yang berkualitas dan aman bagi pengguna jalan. Sebab, ia memandang dengan adanya TPT, risiko kerusakan pada jalan akibat pergerakan tanah dapat diminimalisir, sementara drainase jalan akan membantu mengurangi risiko banjir di jalan tersebut.

"Pembangunan ini juga memiliki dampak positif terhadap kualitas hidup masyarakat di sekitar area proyek, serta mendukung kelancaran aktivitas transportasi dan perdagangan," tukasnya.

Warga dari Blok Sukapancar yang berada di dekat lokasi pembangunan merasakan manfaat langsung dari proyek ini. Kepala dusun, ketua RT, karang taruna, dan warga Blok Sukapancar menyambut baik pembangunan ini dengan penuh apresiasi.

Dedi Koswara, salah satu warga setempat, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemkab Majalengka dan CV. Altar Raya Sarana atas usaha nyata dalam merealisasikan pembangunan TPT dan drainase di daerahnya itu.

"Pembangunan ini telah membantu dalam menjaga keamanan lingkungan dan juga mempermudah akses transportasi. Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan kerja keras yang telah dilakukan Pemkab Majalengka beserta pelaksana proyek," ucap Dedi Koswara.

Pembangunan TPT dan drainase jalan di tiga titik ruas Kecamatan Talaga Sukapancar - Sarimanik - Gunungmanik merupakan upaya nyata Pemkab Majalengka dalam meningkatkan infrastruktur dan kualitas hidup masyarakatnya.

Dengan kerja keras dan dukungan warga setempat, proyek ini telah sukses direalisasikan sehingga membawa dampak positif yang dirasakan oleh semua pihak. 


Pewarta: Yaya Ruhiyat

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Jelang Idul Adha 1445 H, Manajemen Destinasi Wisata Flora D'Castelo Gelar Ngopi dan Diskusi Bareng Belasan Awak Media Subang

Subang, JMI – Jelang Hari Raya Idhul Adha 1445 H tahun 2024 , Manajemen Destinasi flora wisata D, Castelo undang Belasan awak m...