WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Perayaan HUT ke-78 RI, Pemdes Kadipaten Adakan Nikah Massal dan Resmikan Gedung Sebaguna

MAJALENGKA, JMI - Dalam memeriahkan perayaan HUT ke-78 RI di Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka, terbilang unik. Pasalnya, bukan hanya sekedar diwarnai aneka kegiatan lomba ataupun olah raga pada umumnya, namun menggelar acara nikah massal.

Acara yang digelar di lapang Sedar Kadipaten itu mengundang perhatian Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi. Ia lantas mengapresiasi atas gagasan yang dilakukan kepala desa setempat.

Bupati memandang, bahwa melalui kegiatan sosial yang digelar Pemdes Kadipaten itu dinilainya telah membantu warganya dalam mendapatkan legalitas ketentuan berkeluarga di mata hukum negara secara gratis. 

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Kades Kadipaten yang dalam memaknai HUT ke-78 RI di desanya diisi dengan berbagai kegiatan yang sangat bermanfaat bagi warganya," ungkap Bupati Karna Sobahi, Sabtu (19/8/2023).

Dalam perayaan kemerdekaan RI kali ini, diakuinya, bahwa dari 330 desa se-Kabupaten Majalengka, selain di Kadipaten, tidak terdengar ada yang menyelenggarakan kegiatan acara nikah massal.

Untuk itu, bupati sangat mengapresiasi luar biasa atas inisiasi Kades Kadipaten yang sejalan dengan program yang pernah dijalankan Pemkab Majalengka bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan Baznas Majalengka yang telah menggelar kegiatan serupa di dua kecamatan wilayah utara Majalengka. 
"Kita pernah juga pernah dua kali kesempatan mengadakan kegiatan nikah massal di Kecamatan Jatitujuh dan Kertajati," ujarnya.

Bupati mengatakan, bahwa pihaknya bakal memetakan kembali bagi daerah-daerah lainnya dengan melakukan koordinasi bersama camat di setiap wilayah agar ke depan Pemkab Majalengka akan bantu kembali masyarakatnya terkait mendapatkan legalitas surat nikah dengan melaksanakan proses melalui nikah massal.

Kepala BKPSDM Majalengka, H. Irfan Nur Alam menilai bahwa kegiatan yang digelar Pemdes Kadipaten tergolong unik sekaligus sangat bermanfaat bagi warga desa setempat.

"Mudah-mudahan ini menjadi satu momentum berharga untuk kita semua, khususnya barokah bagi para mempelai. Melalui kegiatan ini tentu saya pun berharap kepada semuanya untuk bisa tetap menjaga nilai gotong royong dan kebersamaan agar menjadi pondasi dalam membangun kemajuan segala bidang di Kabupaten Majalengka," ungkapnya.

Sementara itu, di penghujung acara, Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi dan Kepala BKPSDM Majalengka, H. Irfan Nur Alam mengucapkan selamat kepada sembilan pengantin telah telah menjalani proses sidang serta mendapatkan legalitas resmi surat nikah.

Tak lupa, kedua pejabat Pemkab Majalengka itu pun mendoakan para pengantin senantiasa sakinah, mawadah dan warohmah serta dilancarkan rejeki oleh Allah SWT di sepanjang kehidupan rumah tangganya.

Dalam kesempatan tersebut, turut dilakukan pula peresmian sarana gedung serbaguna olah raga Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten oleh Bupati Majalengka, H. Karna Sobahi. 

Pewarta : Yaya Ruhiyat
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Pergantian Meron Dalam Haul Eyang Ndoro Pangeran Aryo Kusumo Desa Sumberjosari Karangrayung Selalu Menjadi Daya Tarik Tersendiri

GROBOGAN, JMI - Dalam rangka menyambut bulan Muharam 1446 H masyarakat Dusun Jajar Desa Sumberjosari Kecamatan Karangrayung Kab...