WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Tingkatkan Kekuatan, Jalan Maja - Garawastu Majalengka Dipasang Kontruksi Perkerasan

MAJALENGKA, JMI - Pemerintah Kabupaten Majalengka (Pemkab Majalengka) telah mengambil langkah proaktif dalam meningkatkan kondisi infrastruktur jalan di wilayahnya. Seperti halnya pemeliharaan jalan hampir mencapai 1 kilometer di ruas Maja - Garawastu yang kini tengah dilakukan.

Kepala Dinas PUTR Majalengka, H. Agus Tamim, mengatakan, bahwa proyek ini bertujuan utama untuk mendukung sarana akses mobilitas masyarakat setempat serta mengoptimalkan kondisi infrastruktur di sepanjang ruas jalan tersebut.

"Pemeliharaan jalan ini mencakup lapis perkerasan tambahan yang dipasang di atas konstruksi perkerasan jalan yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan kekuatan struktur agar dapat melayani lalu lintas yang direncanakan selama umur rencana," jelas Agus Tamim, Rabu (6/9/2023).

Dikatakannya, proyek pemeliharaan jalan tersebut telah mendapatkan dukungan anggaran dari Dana Alokasi Umum (DAU) Kabupaten Majalengka Tahun Anggaran 2023.

"Nilai pagu anggarannya sebesar Rp. 1.259.001.000. Dana ini akan digunakan untuk pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan yang vital bagi perkembangan wilayah Maja - Garawastu," sebutnya.

Dikatakannya, dalam pengerjaan proyek ini akan berlangsung selama 120 hari kerja dan akan dilaksanakan oleh pihak ketiga, yaitu penyedia jasa CV. Safari.

Ia pun menekankan, bahwa dengan melibatkan pihak ketiga yang berpengalaman dalam bidang konstruksi jalan, diharapkan proyek ini dapat diselesaikan dengan efisien dan sesuai dengan standar kualitas yang tinggi.

"Salah satu tujuan utama dari pemeliharaan jalan ini adalah meningkatkan aksesibilitas bagi masyarakat setempat," ujarnya.

Menurutnya, ruas jalan Maja - Garawastu merupakan aorta transportasi yang penting bagi warga Majalengka. Adanya pelebaran bahu jalan, akan lebih banyak kendaraan yang dapat melintas dengan aman dan lancar.

Selain itu, imbuhnya, bahwa proyek ini juga diharapkan akan berdampak positif pada perekonomian daerah. Jalan yang baik adalah salah satu faktor penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

"Infrastruktur jalan yang memadai, akan lebih banyak peluang bisnis yang dapat berkembang dan ini dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat," terangnya.
Lebih jauh Agus memaparkan, keamanan juga menjadi fokus utama dalam pemeliharaan jalan ini. Jalan yang lebar dan baik akan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, perawatan rutin jalan juga akan dilakukan untuk memastikan jalan tetap dalam kondisi prima, mengurangi kerusakan akibat cuaca ekstrem dan keausan seiring waktu.

"Pemkab Majalengka berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur di setiap wilayahnya. Proyek pemeliharaan jalan ini adalah salah satu langkah konkret dalam mendukung pertumbuhan dan kesejahteraan masyarakat," tegasnya.

Agus mengatakan, proyek pemeliharaan jalan di ruas Maja - Garawastu di Kabupaten Majalengka bukan hanya sekadar pembangunan fisik, tetapi juga sebuah investasi dalam mobilitas, perekonomian dan keselamatan masyarakat setempat.

"Sesuai dengan harapan dari program pembangunan yang digulirkan Pemkab Majalengka, bahwa proyek ini tentu diharapkan akan memberikan manfaat jangka panjang yang signifikan bagi wilayah serta meningkatkan kualitas hidup penduduknya," tandasnya. 

Pewarta : Yaya Ruhiyat
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Unit Reskrim Polsek Cibinong Ungkap Tindak Pidana Pengeroyokan

Kab.Bogor, JMI - Polsek Cibinong Unit Reskrim Polsek Cibinong Polres Bogor amankan pelaku diduga pengeroyokan terhadap korban Sd...