WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Tekan Lonjakan Harga Beras, Pemkab Majalengka Gelar Operasi Pasar Murah

MAJALENGKA, JMI - Pemerintah Kabupaten Majalengka (Pemkab Majalengka), tengah menggelar operasi pasar murah sebagai langkah strategis untuk memastikan ketersediaan bahan pangan pokok bagi masyarakat dengan harga terjangkau.

"Operasi pasar murah ini diadakan sebagai respons terhadap lonjakan harga beras yang signifikan di pasaran," kata Pj. Bupati Majalengka, Dedi Supandi, Senin (19/2/2024).

Kegiatan yang melibatkan kerjasama dengan Bulog dan Dinas Pertanian Kabupaten Majalengka ini menyediakan berbagai bahan pokok pangan, seperti beras, minyak goreng, terigu dan gula ditawarkan dengan harga di bawah pasar.

Dalam operasi pasar ini, harga per pack kemasan beras 5 kilogram dipatok hanya sebesar Rp.52 ribu atau setara dengan Rp.10.400 per kilogramnya.

Hal itu, kata dia, merupakan wujud upaya dari Pemkab Majalengka dalam menekan harga lonjakan harga beras yang saat ini cukup melambung tinggi. Termasuk melakukan pasokan di beberapa pasar dan ritel modern agar tidak terjadi kelangkaan.

Sementara, untuk hari ini Pemkab Majalengka menggelar operasi pasar murah di Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi dengan memanfaatkan di tengah momen penyerahan sertifikat PTSL bagi warga setempat.

"Operasi pasar murah ini tidak hanya dilakukan sekali, namun akan kita lanjutkan secara terus menerus di setiap daerah kecamatan se-Kabupaten Majalengka," ungkapnya.

Sementara itu, pihaknya juga telah memastikan ketersediaan beras untuk Kabupaten Majalengka dalam jumlah yang memadai, dengan stok mencapai 3.800 ton di gudang Bulog.

"Kemarin saya meninjau stok beras di gudang Bulog ada 3.800 ton. Kalau pun dengan program pemerintah bantuan pangan kebutuhannya hanya sekitar 1.700 ton. Jadi statusnya aman, termasuk untuk kesiapan menghadapi bulan suci ramadhan," tukasnya. 

Pewarta :Yaya Ruhiyat 
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

KPU Subang Buka Sayembara, Umumkan Pembuatan Maskot dan Jingle Pilkada 2024, Berikut Ini Ketentuan dan Syaratnya

Subang, JMI – Komisi pemilihan umum (KPU) kabupaten Subang mengadakan sayembara pembuatan maskot dan jingle pemilihan Bupati da...