WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Korps Marinir Bekali Prajuritnya dengan Pengetahuan Binter


JAKARTA, JMI
-- Perwira Bantu Madya Kemampuan Potensi Maritim Staf Potensi Maritim Korps Marinir (Pabandya Puanpotmar Spotmar Kormar) Mayor Mar Yunda Karyawanto memberikan pembekalan materi teritorial kepada 58 personel Latihan Pratugas Satuan Tugas Marinir Pengamanan Pulau Terluar (Lat Pratugas Satgasmar Pam Puter) ke XXV Wilayah Barat TA. 2021 di Puslatpurmar 6 Antralina, Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (20/3/2021).  
Sesuai dengan jadwal kegiatan latihan pada Program Pelaksanaan Penyiapan Lat Pratugas Satgasmar Pam Puter ke XXV Wilayah Barat TA. 2021 yang diselenggarakan oleh Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar). Beberapa Materi Teritorial yang diajarkan adalah Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim (Bintahwilmar), 5 Kemampuan Teritorial dan Ekologi Kepulauan yang mana materi-materi tersebut adalah bagian dari bidang kewasgiatan Staf Potensi Maritim Korps Marinir (Spotmar Kormar).

Beberapa Pelajaran yang diberikan dalam pembekalannya, Pabandya PuanPotmar telah mentransfer pengetahuan dan memberikan wawasan bidang teritorial atau Dawilhanla sesuai kewasgiatan Spotmar Kormar yaitu kegiatan-kegiatan melalui Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar).

Pemberian materi-materi pelajaran tersebut bertujuan sebagai bekal bagi personel Satgasmar Pam Puter ke XXV Wil Bar TA. 2021 selain bidang Perencanaan, Intelijen, Operasi, Personel dan bidang Logistik dalam rangka mendukung keberhasilan penugasan dalam menjaga kedaulatan wilayah dan mempertahankan keutuhan NKRI. 

Pemateri bidang teritorial tersebut menyampaikan dalam setiap materi pelajarannya, bahwa Teritorial ini sangat penting untuk dipahami dan dimengerti serta diimplementasikan dalam medan penugasan maupun kedinasan oleh setiap Prajurit dan Satuan dalam melaksanakan setiap kegiatan khususnya dalam membangun Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Sesuai dengan fungsi pembinaan teritorial atau Dawilhanla (Binpotmar) dalam rangkah mewujudkan Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta) di Negara Indonesia, TNI harus dapat mengambil hati rakyat sesuai selogannya “Bersama Rakyat TNI Kuat” guna mendukung sepenuhnya dan berpartisipasi untuk kepentingan pertahanan Negara.

Materi pelajaran Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim adalah salah satu kegiatan pembinaan yang di arahkan untuk menyiapkan Ruang Juang dalam rangka mewujudkan medan yang disiapakan dan Logistik wilayah yang dapat didayagunakan dalam mendukung pertahanan negara.

Sedangkan materi pelajaran 5 Kemampuan Teritorial merupakan kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap Prajurit dan Satuan guna mendukung kegiatan pembinaan Teritorial atau Dawilhanla sebagai salah satu fungsi utama TNI untuk membangun Kemanunggalan TNI – Rakyat dalam rangkah mewujudkan RAK Juang yang tangguh untuk kepentingan Pertahanan Negara.

Selain pengetahuan Teritorial atau Dawilhanla, personel Lat Pratugas Satgasmar Pam Puter ke XXV Wilayah Barat TA. 2021 juga mendapat materi umum yaitu Ekologi Kepulauan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman serta kesadaran kepada setiap Prajurit yang tergabung dalam misi penugasan Pam Puter untuk dapat berpartisipasi dalam melestarikan Lingkungan Hidup dan Ekosistem Kepulauan dimana Satgas akan diproyeksikan ke beberapa pulau terluar wilayah Barat diantaranya Pulau Berhala, Pulau Rondo dan Pulau Sekatung dalam mengimplementasikan wujud rasa cintanya terhadap Tanah Air.

Dalam proses pembekalan peyiapan Lat Pratugas Satgasmar Pam Puter ke XXV Wilayah Barat TA. 2021 tetap memperhatikan Protokol kesehatan dengan melaksanakan 3 M diantaranya Memakai Masker, Mencuci Tangan dengan Air mengalir dan menggunakan sabun serta Menjaga Jarak 1,5 meter antar 6 personal. Hadir dalam kegiatan tersebut Pasiops Puslatpurmar 6 Antralina Mayor Mar Yayan Suryana, Para Pelatih Lat Pratugas Satgasmar Pam Puter ke XXV Wilayah Barat TA. 2021.

Gufron/Red/JMI
Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Timnas U-23 Indonesia Makin Garang dan Mampu Bersaing di Asia, Erick Thohir: Ini Baru Awal

  JMI - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menegaskan bahwa melihat timnas U-23 Indonesia semakin garang ini merupakan langkah awal untuk bisa ...