WWW.JURNAL MEDIA INDONESIA.COM

Bertahan Hidup Dalam Kondisi Darurat, Lanud Suryadarma Laksanakan Latihan Survival Dasar


Jakarta JMI
, Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Tarjoni secara resmi membuka pelaksanaan Latihan Survival Dasar Surya Sakti tahun 2022, yang dilaksanakan di Mako Wing 8 Lanud Suryadarma, Kalijati Subang, Rabu (16/2/2022).

Kegiatan ini merupakan aplikasi dari Rencana Program Kerja Lanud Suryadarma sebagai Pangkalan Operasi yang selalu siap melaksanakan tugas dalam mendukung operasi TNI Angkatan Udara. Kegiatan Latihan Survival Dasar Surya Sakti tahun 2022 dilaksanakan dalam dua tahap yaitu kegiatan bina kelas tentang teori dasar survival dan kegiatan Jungle dan Sea Survival yang dilaksanakan di Wilayah Lanud Suryadarma.


Menurut Danlanud Suryadarma, latihan Survival Dasar Surya Sakti dilaksanakan dalam rangka memberikan bekal pengetahuan, sekaligus praktek bagaimana cara bertahan hidup saat kita menghadapi sebuah kondisi darurat. Hal ini sangat berguna karena musibah dapat terjadi setiap saat.

Latihan Survival Dasar ini juga bertujuan untuk menyegarkan dan melatih kembali kemampuan awak pesawat dalam melaksanakan dan mempraktekkan teori dasar SERE (survival, evasion, resistance and escape) bila terjadi keadaan darurat dalam penerbangan baik di darat maupun di air. Selain itu latihan survival dasar juga sangat berguna untuk mengembangkan karakter pribadi.

“Latihan ini akan mengkombinasikan antara teori dan praktek di lapangan. Pada pelaksanaan praktek peserta diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan teori survival yang sudah didapatkan pada fase awal, situasi latihan akan dikondisikan semirip mungkin dengan kondisi yang sebenarnya ketika terjadi suatu musibah atau kondisi darurat,” tambah Danlanud.

Danlanud juga berharap agar latihan ini dapat berhasil dengan optimal. "Untuk itu saya mengharapkan seluruh peserta latihan, supaya melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh, penuh semangat, pantang menyerah dan mematuhi semua aturan dan prosedur latihan serta instruksi pelatih." Ujarnya 

Hadir pada pembukaan latihan tersebut Komandan Wing 8 Kolonel Pnb Antonius Adi, yang juga sebagai Dirlat, Para kadis, para pejabat Lanud Suryadarma serta para peserta Latihan Survival Dasar Surya Sakti 2022.


Zahra SK/JMI/Red.

Share on Google Plus

0 komentar :

Posting Komentar

Berita Terkini

Persibangga Taklukkan PS PTPN III Dengan Skor 4-2 Liga 3 Nasional

SUBANG, JMI - Di pertandingan kedua Laga 3 Nasional  2024, Usai di taklukkan oleh Tim tuan rumah persikas saat laga perdana, Pel...